UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Pengaruh budaya patriarki terhadap pembagian warisan dalam keluarga modern di Korea Selatan = Impact of the patriarchal culture to the distribution of inheritance in South Korea?s modern family

(Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

Dalam kehidupan manusia, pasti akan berakhir dengan kematian. Ketika seseorang meninggal dunia, pada umumnya orang tersebut meninggalkan hartanya kepada orang-orang terdekat. Oleh karena itu, pembagian warisan menjadi hal yang penting bagi kebanyakan orang. Akan tetapi, tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak orang yang tidak mengetahui tentang bagaimana sebenarnya sistem pembagian warisan di Korea Selatan dengan budaya patriarki yang kuat, hasil pengaruh dari Konfusianisme. Jurnal ini menganalisis tentang budaya patriarki dan pembagian warisan di Korea Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah budaya patriarki mempengaruhi pembagian warisan di Korea Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pustaka. Temuan dari penelitian ini adalah Konfusianisme dengan budaya patriarki yang kuat memiliki pengaruh terhadap pembagian warisan di Korea Selatan pada zaman dahulu, sedangkan di masa modern ini, pengaruhnya sudah semakin melemah.
In this life, people will inevitably end in death. When someone dies, it?s usual that person leaves the property to those who have a close relationship. Therefore, the inheritance becomes important for most people. However, it is undeniable that there are still many people who do not know about how the actual inheritance systems in South Korea with a strong patriarchal influence of Confucianism. This journal analyzes of patriarchy and inheritance in South Korea. The purpose of this research was to determine whether the patriarchal culture affect the distribution of inheritance in South Korea. The method used is descriptive qualitative method. Data collection method used is the litterature method. The result of this research is the Confucian patriarchy has a strong influence on the distribution of inheritance in South Korea?s away back, but right now, in the modern period, the influence has been weakened.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Muhammad Bagus Mahendra.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-pdf
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : v, 19 hlm : ill + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20424091
Cover