UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Apa yang ada di balik persilangan gender pria di Final Fantasy XIV = Final Fantasy XIV: what lies behind male gender crossing

(Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

Dewasa ini, pemain video game online merupakan pencipta yang seutuhnya atas karakter di dalam game yang dimainkan, sekalipun dalam pemilihan gender. Dengan demikian, mereka dapat bermain sebagai gender mereka sendiri atau memilih sebaliknya (silang gender). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang tersembunyi di balik fenomena persilangan gender, khususnya di kalangan pemain pria di salah satu game online terbesar, Final Fantasy XIV. Berbeda dengan kepercayaan luas yang mana persilangan gender dalam game dipandang sebagai cara untuk mendapatkan keuntungan di dalam game atau untuk ?memandangi bokong wanita saat berlari?, penelitian ini menemukan adanya faktor lain yang tersembunyi. Dengan menggunakan teori psikoanalisis dari Sigmund Freud (1993) dan melalui analisis mendalam dari hasil wawancara, ditemukan beberapa mekanisme pertahanan ego (defence mechanisms) yang mungkin ada di dalam diri pemain.
Players of online video games nowadays have become the gods of their in-game characters, even when it comes to gender selection. Accordingly, it is possible for them to play as their real life gender or to choose the opposite (to cross gender). The aim of this research is to analyse the underlying factors behind the phenomenon of gendercrossing, particularly among male players in one of the large massively multi-player online role-playing games (MMORPGs), Final Fantasy XIV. In contrast to popular belief in which gender-crossing is seen as a way to receive more in-game advantages or to ?look at female?s butt while running?, this research discovers more than just what meets the eye. Using Sigmund Freud?s psychoanalytic theory (1933) and through a thorough analysis of the interview results, several probable defence mechanisms are found within the players.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Chintami Ocktavia.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-pdf
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : v, 17 hlm : ill + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20424116
Cover