UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Pandangan ambivalensi Nicki Minaj dalam lirik dan video “anaconda” dan “only” = The view of Nicki Minaj’s ambivalences in the both of videos of lyrics in the “anaconda” and “only” songs

Nurul Shobrina Imamah; Melani Budianta, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

Nicki Minaj yang diketahui sebagai penyanyi dan ratu hip-hop, selalu membawa kontroversi dalam setiap karyanya. Beberapa orang berpendapat bahwa karyanya mengandung nilai-nilai feminis sementara sebagian orang meragukannya sebagai feminis. Video dan liriknya menunjukan tubuh perempuan sebagai objek dan seksualitas yang terlihat dibuat untuk mata laki-laki. Lirik lagunya terdengar sangat menunjukan seksualitas dan cenderung memandang rendah perempuan sedangkan video menunjukan kekuatan perempuan yang berpengaruh dan berani. Hal yang bertentangan ini sangat menarik untuk dibahas.
Artikel ini akan menganalisis hal yang bertentangan (ambivalen) dalam karya Nicki Minaj di video dan lirik lagu "Anaconda" and "Only" dengan menggunakan teori Male Gaze dari Laura Mulvey. Artikel ini akan membahas tubuh perempuan sebagai objek yang ditunjukan oleh lagu-lagu tersebut. Walaupun karya Minaj terlihat memuaskan mata laki-laki, tetapi dia juga telah mendukung perempuan untuk mendapatkan kekuatan mereka. Artikel ini membuktikan bahwa Minaj menggunakan ambivalen dalam karyanya untuk mengubah pola pandangan terhadap tubuh perempuan dan mendukung mereka untuk mendapatkan kebebasan tubuhnya.

Nicki Minaj, well-known as a singer and a queen of hip-hop, always bears controversy in her works. Some people argue that her works contain feminist values while others wonder about her feminism. Her videos and lyrics reveal woman's body objectification and sexuality which seem to be created for the male eyes. The lyrics sound overtly sexual and tend to look down on women, while the videos point out the power of a woman who looks powerful and brave. These ambivalences are interesting to be discussed.
This article analyzes Nicki Minaj's ambivalences in both the videos and lyrics of "Anaconda" and "Only" using the theory of male gaze from Laura Mulvey. It will discuss woman's body objectification revealed in these songs. Although Minaj seems to satisfy the male eyes, she has encouraged women to get empowerment. This article argues that Minaj uses her ambivalences to deconstruct the stereotype of woman's body objectification and encourage women to get their freedom.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Nurul Shobrina Imamah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : lib eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource (rdacarries)
Deskripsi Fisik : v, 25 page: illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-22-66772096 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20424173
Cover