Penelitian-penelitian terdahulu menganalisa tokoh autis dalam novel, Christoper Boone, dari aspek masalah kognisi yang menjadi bagian dari autisme. Fokus penelitian ini adalah analisa pembentukan identitas yang dipengaruhi oleh intervensi dan keadaaan sang tokoh setelah menghadapi isu keluarga. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk melakukan penelitian tekstual menggunakan konsep Identity and Difference oleh Judy Giles dan Tim Middletone dalam melakukan analisa. Penemuan analisis menunjukkan bahwa Christoper mendapat pengetahuan sosial yang tetap dibatasi oleh autisme walaupun telah merasakan hasil intervensi dan melewati isu keluarga. Penulis meyimpulkan bahwa pembentukan identitas Christoper tidak dapat dipisahkan dari autismenya. Artikel ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru tentang pembentukan identitas pada karakter autis dalam fiksional naratif.
Previous researches analyze the autistic character, Christoper Boone, in the novel from his cognitive problem as an autistic trait. This research focuses on analyzing the identity construction affected by the interventions and the aftermath of facing the family issue. Therefore, this article aims to do a textual analysis by using Judy Giles and Tim Middleton of Identity and Difference to conduct the analysis. The findings show that experiencing the intervention outcomes and undergoing family issue has given Christoper more social competence restricted within his autism boundary. Eventually, Christoper’s constructed identity cannot be separated from his autism. This article will give new insights about identity construction of autistic characters in narrative fiction.