UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Patriotisme dalam Puisi Joachim du Bellay ?France mère des arts, des armes, et des lois?= Patriotism in Joachim du Bellay?s Poetry ?France mère des arts, des armes, et des lois?

Fatin Aprilia Rahayu; Rahayu Surtiati Hidayat, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

Puisi merupakan karya seni yang mengekspresikan pemikiran dan banyak mengangkat tema kehidupan tertentu, seperti patriotisme, yang secara umum diartikan sebagai perasaan cinta pada tanah air. Salah satu penyair Prancis yang sering mengangkat tema patriotisme di dalam puisinya adalah Joachim du Bellay; salah satu sastrawan yang sangat berpengaruh dalam perkembangan kesusastran Prancis Abad XVI. Salah satu puisi bertema patriotisme yang ditulis oleh du Bellay berjudul ?France mère des arts, des armes, et des lois?.
Tujuan penulisan artikel ini adalah menunjukkan gambaran patriotisme di dalam puisi itu. Metode yang digunakan di dalam kajian ini adalah metode kualitatif. Kajian ini menunjukkan bahwa gambaran patriotisme di dalam puisi ini terlihat dari bunyi yang membangun rima dan dari denotasi, serta konotasi. Penulis ini menyimpulkan bahwa puisi ini merupakan ungkapan kesedihan Joachim du Bellay yang berimplikasi pada perasaan cinta tanah airnya.
Poetry is a work of art to express ideas and many themes of life, for example the theme of patriotism which is defined as a feeling of love for the homeland. One of the French poet who was often using the theme of patriotism in his poem is Joachim du Bellay which is one of the most influential writers of the sixteenth century in French literature development. One of patriotism themed poem written by du Bellay called France mère des arts, des armes, et des lois.
The purpose of this article is to show the image of patriotism in the poem. The method used in this study is a qualitative method. This study shows that the image of patriotism in the poem is seen from the sounds that build rhyme and from the analysis of the meaning of denotation and connotation. The authors conclude that this poem is an expression of Joachim du Bellay?s sadness which has implications on feelings of love for homeland.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Fatin Aprilia Rahayu.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : lib ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource (rdacarries)
Deskripsi Fisik : v, 14 page : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-22-87896909 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20424240
Cover