Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan koleksi, yang meliputi analisis kebutuhan informasi, kebijakan seleksi, pengadaan, penyiangan, dan evaluasi di perpustakaan SMPN 103 Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus.
Hasilnya, dalam penelitian ini penulis menemukan bahwa analisis pengguna belum dimanfaatkan dalam pengembangan koleksi di perpustakaan, seleksi di perpustakaan belum menggunakan alat bantu, kebijakan seleksi belum dibuat dokumen tertulis, proses pengadaan koleksi hanya didapatkan dari pembelian, penyiangan dilakukan mengacu pada kondisi fisik, dan evaluasi belum sepenuhnya terpenuhi.
Penelitian ini menyarankan agar perpustakaan memberikan survei terhadap pengguna atas kebutuhan koleksi, perpustakaan mendapatkan alat bantu seleksi, membuat dokumen tertulis tersendiri, ada kordinasi terhadap proses pengadaan buku, penyiangan harus diperhatikan kualitas isi, dan evaluasi sebaiknya diadakan sekali dalam setahun.
This mini-thesis has a purpose to learn about collection development which its aspects is Analyze of information needs, selection policy, selection, acquisition, weeding and evaluation. This mini thesis uses qualitative and study case's method. The result is a writer know that user analist has not been used in collection development of 103 Junior High School, Its library has not used selection tools, selection policy has not converted in dokumented., Process of acaquisition determine with buying, weeding determine with physics condition and evaluation has not been done. This mini-thesis suggest that library used user survey of collection needs, gets selection tools, make a written rules, have a coordination for averyone in school with a book acquisition, weeding uses quality of content, and evaluation of collection in once a year.