Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Kurikulum bela negara di tingkat pendidikan tinggi

Matondang, Erlinda; (UNHAN ( Universita Pertahanan Indonesia), {s.a.})

 Abstrak

Kebijakan bela negara merupakan salah satu upaya Kementerian Pertahanan Indonesia dalam membentuk kekuatan pertahanan nirmiliter. Pada implementasinya, kebijakan ini mendorong pembentukan suatu kurikulum yang sesuai dengan kebijakan dan pendidikan bela negara. Kurikulum yang diterapkan dalam pendidikan bela negara saat ini terdiri dari empat point pembelajaran, yaitu pelatihan kewarganegaraan, pelatihan militer wajib, pelatihan sesuai profesi, dan pelatihan ala TNI. Kurikulum ini mempunyai lima nilai dasar, yaitu cinta tanah air, rela berkorban, sadar berbangsa dan bernegara, Pancasila sebagai ideologi negara, dan kemampuan bela negara, baik secara fisik maupun non fisik. Kurikulum yang diterapkan oleh pemerintah saat ini mempunyai prospek ketimpangan dalam sistem pertahanan semesta yang membutuhkan keseimbangan antara pertahanan militer dan nirmiliter. Artikel ini mengulas prospek tersebut dengan merumuskan keseimbangan interaksi pertahanan militer dan nirmiiter yang menghasilkan postur pertahanan dengan tiga unsurnya, yaitu kekuatan, kemampuan, dan penggelaran. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa pendidikan bela negara yang berlangsung saat ini dapat menghasilkan ketimpangan dalam sistem pertahanan Indonesia. Oleh karena itu, perubahan pada metode pembentukan dan pelaksanaan kurikulum bela negara sangat dibutuhkan. Selain itu, target utama pendidikan ini seharusnya digeser pada perguruan tinggi dengan pertimbangan berupa kematangan berpikir, pembentukan jati diri, danpotensi generasi muda

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 345 JPUPI 5:3 (2015)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Bogor: UNHAN ( Universita Pertahanan Indonesia), {s.a.}
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 20879415
Majalah/Jurnal : Jurnal Pertahanan : Identitas, nasionalisme, integritas 5 (3) Desember
Volume : 5 (3) Desember 2015. Hal. : 21-42
Tipe Konten : journal
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume (rdacerrier)
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
345 JPUPI 5:3 (2015) 03-18-495119795 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20425968
Cover