UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Studi Perbandingan Perkembangan Hukum di Amerika Serikat dan Indonesia dalam Konteks Internasionalisasi (Dalam buku Memandang Indonesia dari perspektif regional)

Suzie Sri Suparin S. Sudarman; Dorodjatun Kuntjoro-Jakti, editor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015)

 Abstrak

ABSTRAK
Artikel ini mencoba memahami masalah legalisasi dalam hubungan internasional guna memahami pengaruh atau akibat dari sistem domestik sebuah bangsa yang tidak menentu. Secara lebih khusus kami berupaya terlebih dahulu memahami bagaimana hukum ditempatkan dan berperan dalam politik ekonomi internasional. Dalam hal kni yang kami lakukan adalah mencoba menelisik dan memahami NAFTA (Perjanjian Perdagangan Amerika Utara) yang sudah semenjak tahun 1994 telah dirumuskan sebagai sebuah kerangka yuridis dalam perdagangan bebas kawasannya. Kami menemukan sebuah titik tarik yang berkenaan dengan pengaruh ekonomi global tidak hanya kepada Indonesia secara spesifik namun juga terhadap Asia secara umum. Hal yang menarik dari titik tarik tersebut adalah digunakannya hukum bukan saja sebagai alat tetapi juga sebagai tolok ukur kesepakatan politik dari negara-negara.

This article attempts to investigate the issue of legalization in international relations in order to understand the influence or consequence of an unsettled domestic system of a nation. More specifically we try to explore and understand NAFTA (North American Trade Agreement) that has since 1994 been formulated as a legal framework for free trade in the region. In the process we found an important dimension pertaining to the influence of the global economy not only particularly on Indonesia buy also to Asia in general. What is interesting about this circumstance is the utilization of law not only as an instrument but also as a gauge of the existence of a consensus among nations.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Suzie Sudarman-Studi perbandingan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 64 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-18-275145876 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20427667
Cover