Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Pengembangan keterampilan memberi pada peserta didik: Sebuah kajian untuk memperluas kapasitas kegiatan pembelajaran

Irene Nusanti; (Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas, 2015)

 Abstrak

Penulisan artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pengembangan kapasitas kegiatan pembelajaran dengan menanamkan konsep keterampilan memberi agar peserta didik memahami gaya hidup memberi dan dengan mempraktekkan keterampilan memberi agar peserta didik memiliki gaya hidup memberi. Pengkajian terhadap keterampilan memberi dilaksanakan dengan mempelajari berbagai referensi tentang teori-teori belajar dan juga hal-hal yang terkait dengan pengembangan diri dan pembentukan karakter. Kajian terhadap referensi tentang teori belajar menunjukkan bahwa melalui memberi, peserta didik belajar meningkatkan kualitas hidup. Kajian terhadap referensi tentang pengembangan diri dan pembentukan karakter menunjukkan bahwa apa yang dilakukan sehari-hari dalam kegiatan belajar mengajar akan membentuk peserta didik menjadi seorang giver, bukan seorang taker. Berdasarkan kajian tersebut disimpulkan bahwa keterampilan memberi dapat digunakan untuk mengembangkan kapasitas kegiatan pembelajaran dengan menanamkan pada peserta didik dan mempraktekkannya sehingga peserta didik memiliki gaya hidup memberi.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 370 JPK 21:2 (2015)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas, 2015
Sumber Pengatalogan : LibUI indeng rda
ISSN : 02152673
Majalah/Jurnal : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Volume : 21 (2) Agustus 2015. Hal. : 193-206
Tipe Konten : journal
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik : https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/186
Institusi Pemilik : perpustakaan Universitas Indonesia
Lokasi : perpustakaan UI, Lantai 4 (R. koleksi jurnal)
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
370 JPK 21:2 (2015) 03-19-358043264 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20428024
Cover