Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Penerapan model pembelajaran TGT untuk meningkatkan hasil belajar, partisipasi, dan sikap siswa

Nyoman Sudimahayasa; (Lembaga pendidikan tenaga kependidikan Universitas pendidikan Ganesha, 2015)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat Menginterpretasikan Gambar Teknik dan sekaligus mengetahui keaktifan siswa sebagai akibat penerapan pembelajaran tipe Teams-Games Tournament (TGT) pada proses pembelajaran mata diklat tersebut. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus dengan subyek penelitian adalah siswa kelas X TSM1 SMKN 3 Singaraja pada tahun ajaran 2013/2014. Sumber data diambil dari tes di akhir setiap siklus, observasi kelas dan angket pendapat siswa tentang implementasi TGT. Data dianalisis secara deskriptif untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar serta keaktifan siswa dalam proses pembelajaran serta tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang menerapkan tipe TGT. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum dan setelah menerapkan model pembelajaran TGT pada mata diklat Menginterpretasikan Gambar Teknik, dimana nilai rata-rata siswa yang sebelumnya 52,19 pada pra siklus meningkat menjadi 69,84 pada akhir Siklus 1 dan menjadi 76,41 pada akhir Siklus 2. Hasil penelitian juga menunjukan partisipasi aktif dan tanggapan positif siswa dalam implementasi TGT di kelas TSM1.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 370 JPP 48 (1-3) 2015
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Singaraja: Lembaga pendidikan tenaga kependidikan Universitas pendidikan Ganesha, 2015
Sumber Pengatalogan :
ISSN : 23017821
Majalah/Jurnal : Jurnal pendidikan dan pengajaran 48 (1-3) April 2015. Hal. : 45-33
Volume : vol 48 no 1-3 Th 2015 Hal 45- 53
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume (rdcarrier)
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
370 JPP 48 (1-3) 2015 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20428954
Cover