UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan antara metakognisi moral dan ketidakjujuran akademis pada mahasiswa Universitas Indonesia = The Relationship between moral metacognition and academic dishonesty among Universitas Indonesia students / Mayadha Kristalindari

Mayadha Kristalindari; Lucia R.M. Royanto, supervisor; Augustine Dwi Putri Sukarlan, examiner; Wahyu Indianti, examiner ([Publisher not identified] , 2016)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan melihat hubungan antara metakognisi moral dan ketidakjujuran akademis pada mahasiswa Universitas Indonesia. Ketidakjujuran akademis merupakan perilaku tidak etis sebab melanggar integritas akademis. Sebelum terlibat dalam ketidakjujuran akademis, individu terlibat dalam proses pembuatan keputusan etis untuk memutuskan akan melakukan tindakan tersebut atau tidak. Hal tersebut membutuhkan kesadaran dan rasionalitas dalam proses kognitifnya. Untuk memastikan bahwa proses kognitif tersebut berjalan dengan baik, diperlukan kemampuan untuk dapat mengetahui, memantau dan meregulasi proses tersebut, yang dikenal dengan metakognisi, khususnya metakognisi moral. Hasil penelitian yang dilakukan pada 959 mahasiswa menunjukkan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara metakognisi moral dan ketidakjujuran akademis (r= -0,140, p<0,01). Implikasi dari penelitian ini didiskusikan lebih lanjut.

ABSTRACT
This research was conducted to determine strength and direction of the relationship between moral metacognition and academic dishonesty among students in Universitas Indonesia. Academic dishonesty is considered as a non-ethical behavior because it violates the academic integrity. Before engaging in academic dishonesty, one involves in ethical decision making which requires awareness and judgment in its cognitive process. To ensure the cognitive process goes well, one needs to be aware of, monitors, reflects on, and regulates thinking, which is known as metacognition, especially moral metacognition. Data were collected from 959 college students by having them completing two questionnaires. The result shows a negative and significant correlation between the two variables (r= -0,140, p<0,01). Implications of the findings for college students to improve their moral metacognition are discussed.

 File Digital: 1

Shelf
 S63989-Mayadha Kristalindari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S63989
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : xii, 63 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S63989 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20429302
Cover