ABSTRAKPerkembangan teknologi dalam industri finansial khususnya jasa perbankan telah
mengalami perkembangan dari Automated Teller Machines (ATMs), Telephone
Banking, Internet Banking, dan yang paling terbaru adalah Mobile Banking.
Adapun ditemukan faktor yang mempengaruhi seseorang dalam menggunakan
mobile banking karena manfaat yang dirasakan, kredibilitas, dan biaya
pengadopsian mobile banking itu sendiri. Dari pihak Bank di Indonesia juga
menekankan untuk menggunakan mobile banking untuk mengurangi adanya
transaksi di ATM karena pemeliharaan ATM yang tergolong memakan biaya.
Perkembangan pesat teknologi dalam industry finansial juga dipengaruhi oleh
saluran komunikasi yang berfungsi untuk memasarkan fungsi dan manfaat mobile
banking tersebut. Adapun saluran yang diteliti terfokus pada media masa, media
sosial, dan komunikasi interpersonal.
Penelitian ini menggunakan metode primer dengan mengumpulkan kuesioner dan
metode sekunder dengan studi literatur. Hasil temuan yang didapatkan adalah
responden mengadopsi mobile banking karena adanya manfaat yang dirasakan.
Untuk media komunikasi yang terbukti memiliki pengaruh adalah komunikasi
interpersonal dan media massa yang dapat mempengaruhi keputusan seseorang
dalam mengadopsi mobile banking
ABSTRACTTechnological developments in the financial industry, especially banking has
evolved from Automated Teller Machines (ATMs), Telephone Banking, Internet
Banking, and the latest is the Mobile Banking. The factors that influence a person
is found in the use of mobile banking because of the perceived useefulness,
credibility, and the cost of mobile banking adoption itself. From the Bank in
Indonesia also emphasized to use mobile banking to reduce their ATM
transactions for ATM maintenance are classified as costly.
The rapid development of technology in the financial industry is also affected by
the communication channels used to market the functions and benefits of mobile
banking. The channel under study focused on the mass media, social media, and
interpersonal communication.
This study uses primary methods by collecting questionnaires and secondary
methods to the study of literature. The findings obtained are adopting mobile
banking respondents for their perceived usefulness. For the communication
medium is shown to have influence interpersonal communication and mass media
that can influence a person's decision in adopting mobile banking