UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Green vehicle routing problem dengan kendaraan heterogen dan jendela waktu = Green vehicle routing problem with hetrerogeneous fleet and time windows

Gui Robin; Komarudin, supervisor; Angela G. Lilipaly, supervisor; Akhmad Hidayatno, examiner; Arian Dhini, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian iui adalah permasalahan dalam menghasilkan rute maupun jadwal dari sebuah kendaraan angkut yang meminimalkan emisi bahan bakar dalam sebuah jaringan yang terdiri atas pelanggan danjalanan yang menghunbungkan satu pelanggan dengan yang lain, di mana tipe dari kendaraan angkut divariasikan dan jendela waktu diketatkan. Di dalam model yang dirancang, rute dari setiap kendaraan akan dikonstruksi. Rute dari kendaraan sendiri bergantung pada jenis kendaraan, besarnya muartan, dan batasan-batasan waktu yang diciptakan dalam setiap rute. Hasil akhirnya adalah rute dengan total emisi bahan bakar minimum, dalam hal ini dihitung berdasarkan gas karbon dioksida. Metode yang digunakan adalah metode pendekatan algoritma pencarian tabu. Metode ini akan diuji berdasarkan data permintaan sebuah supermarket di London. Pencarian didasarkan atas besarnya emisi dari setiap keputusan. Hasil kemudian dianalisa untuk menunjukkan berapa besar perubahan emisi yang tercipta dengan menggunakan pendekatan ini. Dan kemudian diterjemahkan menjadi sekumpulan rute yang dijalankan.

The problem considered in this thesis is to construct routes and schedule of fleets that minimize the emission of a network that consists of coustomers and arcs connecting them each other, while varying the type of fleets and tightening the time windows. In the constructed model, the route of each fleet will be produced and treated as decision variable. The routes themselves depend on the capacity of each vehicle type and time windows constraints on each route. The objective is to construct routes with minimum emission, COzeq in this context. Tabu Search algorithm is used to construct the route. This algorithm then is tested with real data demand of a market in London. The result of the search then is used to analyze the difference created by tabo algorithm and translated into a group of routes to be used.

 File Digital: 1

Shelf
 S64014-Gui robin .pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S64014
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 51 pages : illustration ; 29 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S64014 14-17-309252893 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20429667
Cover