ABSTRAKManusia sering tidak sadar dengan hal-hal di sekitarnya karena fokus terhadap suatu
kegiatan. Tipe berbelanja di supermarket adalah task-focused sehingga terdapat
rencana produk dan waktu. Hal tersebut memungkinkan konsumen tidak sadar
terhadap objek-objek yang telah dilalui. Tulisan ini membahas mengenai fungsi
arsitektur interior di supermarket yang dapat memudahkan konsumen secara visual
melalui elemen desain yang digunakan. Beberapa elemen desain seperti warna,
cahaya, posisi dan bentuk menjadi elemen dasar yang dapat menarik visual
konsumen dengan cepat. Dari elemen-elemen tersebut akan membentuk suatu
sistem kontras pada ruang yang dapat menarik perhatian konsumen dan membantu
menavigasi konsumen ke area-area supermarket.
ABSTRACT Humans are often not aware of the things around because of the focus on an activity.
Type of shopping at the supermarket is a task-focused so that there is a plan and
timing products. It enables consumers are not aware of the objects that have been
passed. This writing discusses the function of interior architecture at the
supermarket to facilitate the consumers visually through the use of design elements.
Some design elements such as color, light, position and shape into basic elements
that can attract consumers quickly. From these elements will form a contrast system
in space that can attract the attention of consumers and help consumers navigate to
areas of the supermarket.