ABSTRAKSkripsi ini membahas mengenai sistem pelayanan pembayaran Gerbang Tol Fatmawati 1
menggunakan metode simulasi event diskrit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
sistem pelayanan pembayaran Gerbang Tol Fatmawati 1 yang berjalan saat ini dan
mengidentifikasi skenario alternatif perbaikan pelayanan dari sistem yang sudah ada.
Parameter yang digunakan untuk penelitian ini adalah lama kendaraan berada dalam sistem
(total time) yang dihitung dengan satuan dasar detik. Tiga skenario alternatif yang diusulkan
yaitu pembukaan gardu tol manual, peningkatan penetrasi GTO menjadi 50% dengan
konfigurasi dua gardu manual dan dua GTO, dan peningkatan penetrasi GTO menjadi 50%
dengan konfigurasi tiga gardu manual dan dua GTO berhasil mengurangi total time secara
signifikan. Skenario yang berhasil mengurangi total time paling besar adalah skenario ketiga
dengan penurunan waktu sebesar 80,37%.
ABSTRACTThis study discusses the payment service system of Gerbang Tol Fatmawati 1 using discrete
event simulation. This study aims to determine the current payment service system of
Gerbang Tol Fatmawati 1 and identify alternative scenarios which can improve the level of
service of the existing system. The parameter used for this study is the length of stay of
vehicles in the system (or total time) based on seconds. Three alternative scenarios which are
proposed, namely the opening of the manual tollbooth, increased penetration to 50% with
configuration of two manual tollbooths and two automatic tollbooths, and increased
penetration of GTO to 50% with configuration of three manual tollbooths and two automatic
tollbooths managed to reduce the total time significantly. The best scenario is the third
scenario which managed to reduce the total time by 80,37%.