ABSTRAKSkripsi ini membahas detail perubahan pengetahuan dan sikap siswa kelas VII
SMP/MTs di lima sekolah kota Depok yang diberi pendidikan sebaya serta faktor
apa saja yang memudahkan dan menghambat pendidik sebaya dalam menyampaikan
informasi pada program Generasi Sehat Tanpa Rokok (GENSTAR). Penelitian ini
menggunakan mixed method, yaitu penelitian kuantitatif menggunakan data sekunder
dengan studi intervensi dan kualitatif untuk pendalaman dari penelitian kuantitatif
dengan desain rapid assessment procedure. Hasil penelitian kuantitatif didapatkan
bahwa perubahan rata-rata pengetahuan dan sikap tentang bahaya rokok dan
kandungannya pada siswa kelas VII sebesar 25,4% untuk pengetahuan dan 5,8%
untuk sikap. Adapun faktor yang memudahkan penyampaian informasi adalah media
alat bantu dan pendampingan guru. Kondisi kelas yang berisik menjadi hambatan
hampir semua pendidik sebaya dalam menyampaikan informasi. Apabila hambatanhambatan
tersebut dapat diatasi, program pendidik sebaya GENSTAR akan mampu
memberikan peningkatan yang lebih besar pada pengetahun dan sikap siswa yang
diberi intervensi.
ABSTRACTThis study discusses the changes? detail on knowledge and attitude among 7th grade
students in five schools in Depok which has been educated by peer educator as well
as both the factors that facilitate and inhibit peer educators in conveying information
along the program named Generasi Sehat Tanpa Rokok (GENSTAR). This study
uses a mixed method, namely quantitative design using secondary data of the
intervention studies, and qualitative design as an extend to the quantitative study
using rapid assessment procedure. The results of quantitative research shows the
average changes in knowledge and attitudes toward the dangers of smoking cigarette
and its contents among 7th grade students are increased by 25.4% and 5.8%. The
factors that facilitate the delivery of information are media tools and mentoring
teachers. Noisy classroom conditions inhibit most of the peer educators in conveying
information. If those barriers could be overcome, GENSTAR will be able to provide
greater improvement in knowledge and attitudes of students who were given the
intervention.;;