ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh Corporate Social
Responsibility (CSR) terhadap earnings persistence. Penelitian ini menggunakan
sampel dari perusahaan manufaktur untuk konteks negara berkembang yang
berada di Indonesia, Malaysia dan Thailand selama rentang waktu tahun 2009
hingga 2014. Penelitian ini menemukan bukti empiris adanya pengaruh positif
dari CSR terhadap earnings persistence, dimana perusahaan dengan tingkat
kegiatan CSR yang tinggi akan memiliki laba yang lebih persisten. Hal ini karena
perusahaan yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan akan mampu
memperoleh loyalitas dari konsumen dan karyawan serta memperoleh dukungan
dari pemangku kepentingan lainnya, seperti masyarakat sekitar lokasi perusahaan
dan pemerintah, sehingga meminimalisir risiko sosial yang dapat merugikan
perusahaan dan mampu mempertahankan kinerja yang lebih stabil yang
berdampak pada kualitas laba yang lebih baik.
ABSTRACTThis research aims to test empirically the impact of Corporate Social
Responsibility (CSR) towards earnings persistence. This research uses sample
from manufacturing companies for developing countries, which located in
Indonesia, Malaysia and Thailand for 2009 to 2014. The result shows that CSR
give positive impact toward earnings persistence, where companies with high
level of CSR will have more persistent earnings. It is because companies that are
socially and environmentally responsible will be able to gain loyalty from
costumers and employees as well as the support of other stakeholders, such as
community around the company and the government, thus minimizing social risks
that could harm the company and able to maintain stable performance that affect
positively the earnings quality.