UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Determinan penatalaksanaan penanganan kemoterapi yang aman oleh perawat di rumah sakit = Determinants management handling chemotherapy safely by nurse at hospital

Arief Rahma Hidayat; Hanny Handiyani, supervisor; Rr. Tutik Sri Hariyati, examiner; Efy Afifah, examiner ([Publisher not identified] , 2016)

 Abstrak

ABSTRAK
Perawat bertanggung jawab dalam penanganan kemoterapi yang aman. Penggunaan alat pelindung diri saat penatalaksanaan kemoterapi sangat penting, namun tidak semua perawat menggunakannya. Kondisi ini disebabkan oleh berbagai determinan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan determinan penatalaksanaan kemoterapi yang aman oleh perawat di rumah sakit. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan cross-sectionaldengan menggunakan teknik pengambilan sampel total sampling pada 38 responden perawat yang diukur penatalaksanaan penanganan kemoterapi yang aman serta dihubungkan dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua determinan yang memiliki hubungan yang bermakna dengan penatalaksanaan penanganan kemoterapi yang aman oleh perawat, yaitu usia (p=0,011;α=0,05) dan masa kerja (p=0,012;α=0,05). Rekomendasi dari penelitian ini adalah perlunya penyebaran informasi jurnal terbaru dan pelaksanaan supervisi perawat secara berkala dalam penanganan kemoterapi yang aman. Penelitian ini dapat menjadi data awal untuk penelitian selanjutnya.

ABSTRACT
Nurses are responsible for the safe handling of chemotherapy. The use of personal protective equipment when the management of chemotherapy is very important, but not all nurses use. This condition is caused by various determinants. This study aimed to describe the determinants of safe management of chemotherapy by nurses in the hospital. This research used descriptive research design with cross-sectional. This research used total sampling at 38 respondent nurses measured the safe management of chemotherapy treatment and are associated with factors that influence it. The results of this study indicated that there are two determinants that have a significant relationship with the management of chemotherapy safe handling by nurses, are age (p= 0.011; α= 0.05) and experience (p = 0.012; α= 0.05). Recommendations from this study is the hospital should give more information and supervision to nurses in the management of chemotherapy treatment. The research can be a baseline for future studies.

 File Digital: 1

Shelf
 S64594-Arief Rahma Hidayat.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S64594
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 43 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S64594 14-18-742528018 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20430721
Cover