Penelitian pada skripsi ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh kompensasi direksi terhadap nilai perusahaan, pengaruh kepuasan konsumen terhadap nilai perusahaan, serta pengaruh joint impact dari kompensasi direksi dan kepuasan konsumen terhadap nilai perusahaan. Analisis tersebut dilakukan melalui penerapan metode regresi 3SLS dan 2SLS dengan IV pada sampel perusahaan publik non-finansial yang menjadi nominasi penghargaan Indonesia?s Most Admired Companies tahun 2013 dan 2014.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompensasi direksi tidak signifikan memengaruhi nilai perusahaan dan kepuasan konsumen tidak signifikan memengaruhi nilai perusahaan. Namun, joint impact dari kompensasi direksi dan kepuasan konsumen signifikan memengaruhi nilai perusahaan.
The research purposes are analyzing the impact of remuneration for BoD on firm value, the impact of customer satisfaction on firm value, and the impact of joint impact on remuneration for BoD and customer satisfaction to firm value. 3SLS and 2SLS with IV used for analyzing non-financial public companies nominated on IMAC awards 2013 - 2014.
The results show that there is no significant impact of remuneration for BoD on firm value and no significant impact of customer satisfaction on firm value. But, there is significant impact of joint impact on remuneration for BoD and customer satisfaction to firm value.