ABSTRAKMenjadi mahasiswa di perguruan tinggi terbaik di Indonesia merupakan suatu
tantangan tersendiri bagi beberapa orang. Demotivasi misalnya, tidak dapat
dihindarkan ketika menjadi mahasiswa karena melihat sesama teman
perkuliahan yang memiliki prestasi lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk melihat apakah terdapat hubungan antara academic social comparison
dan rasa bersyukur pada mahasiswa Universitas Indonesia. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif. Pengukuran variabel dalam menggunakan alat
ukur Social Comparison menggunakan Iowa-Netherland Comparison
Orientation (INCOM) Scale oleh Gibbons & Buunk (1999) yang sudah
diadaptasi ke dalam konteks akademis dan alat ukur rasa bersyukur
menggunakan Gratitude-Questionnaire-6 item (GQ-6) oleh McCullough,
Emmons, dan Tsang (2002). Terdapat 305 responden yang terdiri atas
mahasiswa UI. Hasil penelitian menunjukkan hubungan yang tidak signifikan
antara academic social comparison dan rasa bersyukur pada mahasiswa UI.
ABSTRACTBeing a student in the best university in Indonesia become a challenge for some
people. Demotivated can not be avoided when you are a college student at
Univesitas Indonesia (UI) because of seeing other fellow students who had a
better performance. The purpose of this study was to investigate the correlation
between academic social comparison and gratitude among college students in
UI. This research was a quantitative research. Academic social comparison was
measured by Iowa-Netherland Comparison Orientation (INCOM) Scale
constructed by Gibbons & Buunk (1999) that has been adapted to academic
context. Gratitude was measured by Gratitude Questionnaire 6 items (GQ-6)
constructed by McCullough, Emmons, & Tsang (2002). There were 305
respondents that consist of UI?s students. The result of the study show that there
is no significant correlation between academic social comparison and gratitude
among college students in Universitas Indonesia