Semakin banyak layanan website yang melebarkan layanannya dengan menciptakan mobile app, salah satunya adalah Bukalapak. Berdasarkan teori kategorisasi, terjadi proses transfer persepsi yang menyebabkan penilaian dari mobile app tersebut dipengaruhi penilaian website dan juga hubungan antara keduanya. Hubungan antara website dan mobile app dilihat dari konsistensi dan integrasi antara keduanya yang dapat memberikan pengaruh terhadap penilaian mobile app. Penilaian tersebut dapat dilihat dari penilain intrinsik dan ekstrinsik, dan kedua penilaian tersebut dapat mempengaruhi intensi seseorang untuk menggunakan kembali mobile app bukalapak.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa motivasi dari penilaian intrinsik lah yang memberikan dampak positif yang signifikan, sedangkan ekstrinsik tidak. Temuan lainnya menemukan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara penilaian layanan website beserta hubungan antara website dan mobile terhadap penilaian pengguna akan layanan mobile app.
In this digital era, more websites expand their services into mobile apps. One of those is Bukalapak, a leading e-commerce in Indonesia. Based on theory of categorization, there is a process of perception transfer that appraisal of the mobile app is influenced by appraisal of website and the relationship of those platforms. It can be inferred from the consistency and integration between the platforms which are able to influence mobile app users. The appraisal itself is highly related to intrinsic and extrinsic motives of users to revisit mobile app Bukalapak.
The result of this research shows that motivation from intrinsic motives significantly gives positive impacts, while none is given from extrinsic motives. The research also finds that there is significant positive impact in appraisal of website services, consistency and integration between website and mobile app and appraisal in mobile app services.