ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk memahami kompleksitas untuk mengelola Usaha
Kecil Menengah (UKM) dengan sistem make to order (MTO) dan untuk
mengembangkan skenario simulasi untuk pertumbuhan serta menghindari
"dwarfisme". Metode Sistem Dinamik (SD) digunakan untuk membantu
memahami dan mensimulasikan variabel yang saling berkaitan yang ada dan
relevan dalam UKM dengan sistem MTO. sub-sistem yang diusulkan terdiri dari
permintaan, pendapatan, produksi dan sumber daya manusia di UKM.
Berdasarkan hasil simulasi, studi ini mengungkapkan beberapa kebijakan, yang
berpengaruh positif secara signifikan seperti memberikan diskon 6% dari harga
jual, mempekerjakan lebih banyak dalam rangka meningkatkan produksi dan pada
saat yang sama, memenuhi jumlah permintaan konsumen. Kami menemukan
bahwa dalam rangka untuk meningkatkan permintaan konsumen, UKM harus
mencapai pasar yang lebih luas secara langsung melalui sistem online,
menyediakan desain yang unik dan mempercepat proses produksi untuk
menghindari keterlambatan dalam mengirimkan produk kepada pelanggan.
ABSTRACTThis research aims firstly, to understand the complexities to manage a Small
Medium Enterprise (SME) with make to order (MTO) system and secondly, to
develop a simulated scenario for its growth and to avoid ?dwarfism?. System
Dynamics (SD) methodology is used to help understand and simulate the
interdependent variables that exist and relevant in the SMEs with MTO system.
The proposed sub-system consists of the demand, the revenues, the production
and the human resources in SMEs. Based on the simulation results, this study
reveals some policies, which are positively significant such as giving discount 6%
of the selling price, hiring more people to support production in order to increase
and at the same time, meet the number of consumer demand. We found that in
order to boost the of consumer demand, SME should reach the wider market
directly through the online system, provide unique designs and speed up the
production process to avoid the longer delay in delivering the product to the
customer.