ABSTRAKPerilaku caring adalah wujud nyata dari dukungan perawat baik fisik maupun
emosional dalam memberikan asuhan keperawatan pada pasien dengan tujuan untuk
memberikan perlindungan, membantu meningkatkan kesehatan dan merupakan sifat
dasar dari keperawatan. Sifat ini yang membedakan perawat dengan profesi lain.
Penelitian yang dilakukan di ruang ICU anak RS Pusat Jantung dan Pembuluh Darah
Harapan Kita ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei deskriptif,
yang memiliki tujuan untuk melihat sejauh mana perilaku caring perawat ICU anak
terhadap respon nyeri anak toddler pada saat pencabutan selang WSD berdasarkan
penilaian yang dilakukan secara observasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 37
perawat pelaksana ICU anak yang diambil secara simple random sampling.
Instrumen yang digunakan oleh peneliti berdasarkan 10 karatif Watson yang telah
dilakukan uji validitas dengan pakar ilmu keperawatan dan Uji rialibilitas interrater.
Hasil penelitian menunjukkan 73% responden memiliki perilaku caring tinggi.
Untuk meningkatkan penerapan perilaku caring di RSJPDHK peningkatan
pengetahuan melalui pelatihan dan pendidikan menjadi rekomendasi dalam
penelitian ini.
ABSTRACTCaring behavior is real manifestation of nurse supports either physical or emotional in
giving nursing care for the patients in purpose of giving protection, helping to
improve the health and is the fundamental nature ofnursing, this trait that
distinguishes the nurses with other professions. The research which is conducted at
the children?s ICU of National cardiovaskuler center harapan kita hospital is a
quantitative research with descriptive survey method, which has the goal to see haw
far the caring behavior of a nurse based on the assessment by observing the nurse
while doing collaboration of removal WSD tube. The samples in this research are 37
of children?s ICU nurses which is taken in simple random sampling. The instruments
used created by the researcher based on 10 caratif factors of Watson which has done
the validity test with the sign nursing expert and inter-reater reliability twice. The
result showed 73% of respondents have high caring behavior. Need to enhance
through training and education to improve the applicaton of caring behavior be the
purpose of this research.