ABSTRAKMobilitas masyarakat perkotaan yang tinggi menyebabkan tumbuhnya kebutuhan akan
tempat untuk melepas penat. Kedai kopi dianggap sesuai dengan tren dan gaya hidup masyarakat
perkotaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik lokasi kedai kopi dan
preferensi pengunjung kedai kopi. Preferensi dapat terbentuk berdasarkan persepsi terhadap kedai
kopi, atribut-atribut kedai kopi, dan motivasi kunjungan. Metode yang digunakan untuk mencapai
tujuan penelitian adalah analisis spasial dengan metode deskriptif berdasarkan hasil penyebaran
kuisioner kepada pengunjung. Hasil yang diperoleh adalah setiap kedai kopi memiliki karakteristik
lokasi yang beragam. Pengunjung dengan motivasi sosial lebih memilih kedai kopi dengan site yang
mendorong terjadinya interaksi sosial yang lebih tinggi. Pengunjung dengan motivasi mental dan
motivasi fisik lebih memilih kedai kopi dengan site yang mendorong terjadinya interaksi sosial yang
lebih rendah. Pengunjung dengan motivasi intelektual dan status lebih memilih kedai kopi berdasarkan
faktor-faktor di luar karakteristik lokasi. Pengunjung dengan frekuensi kunjungan yang semakin tinggi
dan durasi yang semain lama lebih memilih kedai kopi dengan site yang mendorong terjadinya
interaksi sosial yang lebih rendah.
ABSTRACTHigh mobility in urban communities raise a growing need for a place to unwind. Coffee shops are
considered in accordance with the trends and lifestyles of urban communities. Each visitor has a
different reason in choosing a coffee shop, and which coffee shop which more preferred. This study
aims to determine the characteristics of the location of a coffee shop and a visitor's preferences
coffee shop. Preferences can be formed based on the perception of the coffee shop, the attributes of
the coffee shop, and motivation of the visitor. The method used to achieve the purpose of the research
is descriptive spatial analysis method based on the results of questionnaires to visitors. The results
obtained every coffee shop has the characteristics of diverse locations. Visitors with a social
motivation prefer a coffee shop with a site that encourage a higher social interaction. Visitors with
mental motivation and physical motivation prefers coffee shop with a site that encourage a lower
social interaction. Visitors with intellectual motivation and status prefers coffee shop based on
factors beyond the characteristics of the location. Visitors with a higher frequency of visits and
longer duration prefer a coffee shop with a site that encourage a lower social interaction.