UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Evaluasi preservasi digital karya ilmiah di Perpustakaan Universitas Bintang Kejora = Evaluation of digital preservation of scientific work at the Universitas Bintang Kejora library

Nabila Firas Nisa; Muhamad Prabu Wibowo, supervisor; Yeni Budi Rachman, examiner; Mohammad Aries, examiner ([Publisher not identified] , 2016)

 Abstrak

ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang evaluasi kegiatan preservasi digital karya ilmiah di Perpustakaan Universitas Bintang Kejora. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Perpustakaan Universitas Bintang Kejora dalam melakukan kegiatan preservasi digital karya ilmiah, dan membahas permasalahan permasalahan yang dihadapi dalam melakukan kegiatan preservasi dan beserta solusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tahapan-tahapan penelitian yang dilakukan adalah dengan menentukan obyek penelitian, wawancara, menyederhanakan data, analisis dan memeriksa data. Setelah itu, kegiatan selanjutnya adalah menarik kesimpulan dari kumpulan data yang diperoleh. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, dan observasi terhadap informan-informan yang diteliti oleh penulis. Jumlah informan yang diwawancarai sebagai narasumber adalah sebanyak 5 orang, metode yang digunakan dalam penelitian adalah tahapan-tahapan data, analisis data, variabel. Pertanyaan yang diajukan terhadap informan untuk mewawancarai mereka adalah hasil dari memanfaatkan variabel yang digunakan. Kelebihan dalam kegiatan preservasi yang dilakukan oleh Perpustakaan Universitas Bintang Kejora adalah mengusulkan Rencana Kegiatan Tahunan ke rektor universitas, memeriksa kelengkapan naskah yang akan diunggah, memeriksa kelengkapan surat pernyataan skripsi. Kekurangan yang dimiliki oleh Perpustakaan Universitas Bintang Kejora adalah mereka tidak ada dana untuk kegiatan preservasi yang dilakukan secara besar-besaran, hal tersebut mengakibatkan terhambatnya kegiatan preservasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode preservasi digital yang digunakan oleh Perpustakaan Universitas Bintang Kejora adalah migrasi.

ABSTRACT
This research discusses the evaluation of digital preservation of scientific work at the Universitas Bintang Kejora Library. The purpose of this study was to determine how the Universitas Bintang Kejora Library in conducting digital preservation of scientific works, and to address issues of the problems faced when conducting preservation. This study used descriptive qualitative approach. The stages in this research were: determining the object of research, interviewing, simplifying data, analysing and drawing conclusions from the data set obtained. Data were obtained through interviews and observations of informants were examined by the author. The number of informants interviewed as interviewees are 5 people. The methods used in the study are the stages of data, data analysis, variables. Questions posed to the informants to interview them are a result of utilizing the variables used. The advantage in preservation activities conducted by Universitas Bintang Kora Library is, they proposed Rencana Kegiatan Tahunan to the rector of the university, check the completeness of the thesis statement. The disadvantage by the Universitas Bintang Kejora Library have is, they no funds to preservation activities conducted on a large scale, it could lead to delays in preservation activities. The results showed that the digital preservation method used by the Universitas Bintang Kejora Library is migration.

 File Digital: 1

Shelf
 S63940-Nabila Firas Nisa.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S63940
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : ix, 114 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S63940 14-18-999772887 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20432049
Cover