UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh kepemilikan keluarga terhadap kualitas laporan keuangan dengan efektivitas pengawasan dewan komisaris dan komite audit sebagai pemoderasi = The effect of family ownership on the quality of the financial statement with board commissioners and audit committee effectiveness as a moderating variable

Anisa Anindya Ningrum; Vera Diyanti, supervisor; Fitriany, examiner; Evony Silvino Violita, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh antara kepemilikan keluarga terhadap kualitas laporan keuangan dengan efektivitas dewan komisaris serta komite audit sebagai pemoderasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah empat sektor yang berada dalam klasifikasi Bursa Efek Indonesia (BEI) yang disebut dengan JASICA (Jakarta Stock Exchange Industrial Classification). Keempat sektor yang dipilih adalah Sektor Pertanian, Pertambangan, Industri Barang Konsumsi, serta Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi yang terdaftar pada tahun 2013-2014. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dan regresi berganda dengan metode OLS (Ordinary Least Square).
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa kepemilikan keluarga memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kualitas laporan keuangan perusahaan. Selanjutnya hasil dari penelitian ini, efekivitas pengawasan dewan komisaris dan komite audit yang diukur dengan indeks yang dikembangkan oleh Hermawan (2009), tidak berpengaruh signifikan terhadap hubungan kepemilikan keluarga dengan kualitas laporan keuangan, hal ini diduga dikarenakan pengawasan yang dilakukan oleh dewan komisaris dan komite audit belum cukup baik efektif dalam kaitannya dengan penyusunan laporan keuangan perusahaan.

This study aimed to analyze the effect of family ownership on the quality of financial statements with board commissioners and audit committee effectiveness as a moderating variable. The samples used in this research are four sectors that are in the classification of the Indonesia Stock Exchange (BEI) called JASICA (Jakarta Stock Exchange Industrial Classification). Four sectors selected were Agriculture, Mining, Consumer Goods Industry and Infrastructure, utilities and transportation that are listed in 2013-2014. Data processing method used in this research is simple regression analysis and multiple regressions with OLS (Ordinary Least Square).
Based on the research conducted, family ownership has a significant positive effect on the quality of the company's financial statements. Besides that, the result also showed that the effectiveness of supervisory by board of directors and audit committee which measured by the index developed by Hermawan (2009), has no effect to the relation of family ownership and the quality of financial statements.

 File Digital: 1

Shelf
 S63883-Anisa anindya ningrum .pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S63883
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 88 pages : illustration ; 29 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S63883 14-18-521124166 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20432240
Cover