ABSTRAKPada kompetisi global saat ini, perusahaan berlomba-lomba menunjukkan
keunggulan daya saingnya baik yang didorong dari kondisi internal maupun
eksternal perusahaan. Kondisi eksternal merupakan salah satu faktor yang kuat
mendorong perusahaan untuk terus berupaya berkompetisi. Untuk itu, perusahaan
mempunyai perhatian yang khusus terhadap kondisi eksternal tersebut dengan
melakukan kegiatan kegiatan corporate social responsibility (CSR).
Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu kegiatan
perusahaan yang penting dalam mempengaruhi value creation perusahaan yang
memiliki dampak terhadap kinerja perusahaan (keuangan dan non keuangan).
Namun tidak semua kegiatan CSR berdampak positif bagi perusahaan
dikarenakan CSR tidak menyentuh core business atau dapat dikatakan tidak
stratejik. Penelitian ini menekan bahwa kegiatan CSR yang stratejik terbagi atas
lima dimensi centrality, specificity, proactivity, visibility dan voluntarism akan
mempengaruhi value creation perusahaan (Burke & Logsdon, 1996) sehingga
mempengaruhi kinerja perusahaan.
Penelitian ini menggunakan studi kualitatif dengan studi kasus PT Astra
International Tbk yang diharapkan mendapatkan informasi dan pemahaman yang
lebih mendekati pada konteks sehingga perusahaan dapat melihat persepsi
stakeholder baik dari internal dan eksternal perusahaan dari program CSR yang
dijalankan.
ABSTRACTIn today's global competition, companies are competing to show the
advantages of both the driven competitiveness of the internal and external
conditions. External condition is one of the factors that could strongly encourage
companies to continue to compete. Because of that, the company has a focus on
the external conditions by conducting activities of corporate social responsibility
(CSR).
Corporate Social Responsibility (CSR) is an important corporate activities
that affect value creation in companies that have an impact on firm performance
(financial and non-financial). However, not all CSR activities have positive
impacts for the company because the CSR does not touch the core business or can
be said to be strategic. This study stressed that CSR activities are divided into five
dimensions of strategic centrality, specificity, proactivity, voluntarism and
visibility will affect the company's value creation (Burke & Logsdon, 1996) thus
affecting the performance of the company.
This study used a qualitative method focusing on a case study of PT Astra
International Tbk. It is expected to gain more information and understanding of
the specific context in the field study in order to make the company notices the
perception of the stakeholders both internal and external regarding the
implementation of CSR programs in PT. Astra International Tbk.