UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Penguatan motivasi intrinsik untuk peduli lingkungan melalui pendekatan experiential learning technique pada remaja di Kawasan Puncak = Strengthen the intrinsic motivation to care for the environment through experiential learning technique approach in Adolescents / Royanulloh

Royanulloh; Sarlito Wirawan Sarwono, supervisor; Soemiarti Patmonodewo, supervisor; Marin, Marin; Sri Fatmawati Mashoedi, examiner ([Publisher not identified] , 2016)

 Abstrak

ABSTRAK
Desa Tugu Utara dan Tugu Selatan, Puncak, Kabupaten Bogor, merupakan daerah yang
banyak dikunjungi turis Timur-Tengah. Kehadiran para turis menjadikan masyarakatnya
mengalami ketergantungan secara ekonomi terhadap mereka. Hal ini membuat
masyarakat menjadi permisif terhadap persoalan-persoalan di lingkungannya. Situasi
masyarakat berdampak pula terhadap para remajanya. Para remaja menjadi enggan
melakukan sesuatu atas persoalan-persoalan yang dirasakan. Program intervensi ini
ditujukan untuk memberikan penguatan Motivasi Instrinsik untuk Peduli Lingkungan
pada remaja, sehingga diharapkan mereka lebih terdorong untuk bertindak atas
pesoalan-persoalan lingkungan di sekitarnya. Intervensi dilakukan menggunakan
pendekatan Experiential Learning Technique. Uji hipotesis dengan analisis statistik
Wilcoxon Signed-Rank Test (p=0,000, los p<0,05) membuktikan bahwa program
intervensi dapat memperkuat motivasi intrinsik untuk peduli lingkungan pada
partisipan.

ABSTRACT
Tugu Utara and Tugu Selatan, Puncak, Kabupaten Bogor, there are visited by many
tourists from Middle-East. The presence of tourists makes the people had suffered
economic dependence on them.This made people become permissive to problems on
their environment. The situation of society had an impact on the youth. The teenagers
would be reluctant to do something about the perceived problems. This intervention
program is intended to provide reinforcement for the intrinsic motivation to care the
environment in adolescents, so hopefully they are more compelled to act on the issues
surrounding environment. The intervention was performed using Experiential Learning
Technique approach. Test the hypothesis using statistical analysis Wilcoxon Signed-
Rank Test (p=0,000, los p<0,05) proved that intervention programs can strengthen
participant?s intrinsic motivation to care for the environment.

 File Digital: 1

Shelf
 T45339-Royanulloh.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T45339
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 87 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T45339 15-17-473683881 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20432440
Cover