UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Penguatan motivasi intrinsik untuk peduli lingkungan melalui pendekatan experiential learning technique pada remaja di Kawasan Puncak = Strengthen the intrinsic motivation to care for the environment through experiential learning technique approach in adolescents

Royanulloh; Sarlito Wirawan Sarwono, supervisor; Soemiarti Patmonodewo, supervisor; Amarina Ashar Ariyanto, examiner; Sri Fatmawati Mashoedi, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

Desa Tugu Utara dan Tugu Selatan, Puncak, Kabupaten Bogor, merupakan daerah yang banyak dikunjungi turis Timur-Tengah. Kehadiran para turis menjadikan masyarakatnya mengalami ketergantungan secara ekonomi terhadap mereka. Hal ini membuat masyarakat menjadi permisif terhadap persoalan-persoalan di lingkungannya. Situasi masyarakat berdampak pula terhadap para remajanya. Para remaja menjadi enggan melakukan sesuatu atas persoalan-persoalan yang dirasakan. Program intervensi ini ditujukan untuk memberikan penguatan Motivasi Instrinsik untuk Peduli Lingkungan pada remaja, sehingga diharapkan mereka lebih terdorong untuk bertindak atas pesoalan-persoalan lingkungan di sekitarnya. Intervensi dilakukan menggunakan pendekatan Experiential Learning Technique. Uji hipotesis dengan analisis statistik Wilcoxon Signed-Rank Test (p=0,000, los p<0,05) membuktikan bahwa program intervensi dapat memperkuat motivasi intrinsik untuk peduli lingkungan pada partisipan.

Tugu Utara and Tugu Selatan, Puncak, Kabupaten Bogor, there are visited by many tourists from Middle-East. The presence of tourists makes the people had suffered economic dependence on them.This made people become permissive to problems on their environment. The situation of society had an impact on the youth. The teenagers would be reluctant to do something about the perceived problems. This intervention program is intended to provide reinforcement for the intrinsic motivation to care the environment in adolescents, so hopefully they are more compelled to act on the issues surrounding environment. The intervention was performed using Experiential Learning Technique approach. Test the hypothesis using statistical analysis Wilcoxon Signed-Rank Test (p=0,000, los p<0,05) proved that intervention programs can strengthen participant?s intrinsic motivation to care for the environment.

 File Digital: 1

Shelf
 T45339-Royanulloh.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T45339
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 87 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T45339 15-17-473683881 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20432440
Cover