ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengguna terhadap
Sistem Akuntansi Instansi Basis Akrual (SAIBA) pada Kementerian/Lembaga di
tahun pertama penggunaanya pada pembuatan laporan keuangan pemerintah basis
akrual. Model Kesuksesan Sistem Informasi yang diperbaharui (Updated D&M IS
Success Model) digunakan untuk menilai kesuksesan SAIBA yang
penggunaannya bersifat wajib pada Akuntansi Pemerintahan Indonesia yang
berbasis Akrual. Responden adalah Operator Sistem Akuntansi Instansi (SAI) di
setiap Kementerian/Lembaga dengan pemilihan sampel penelitian menggunakan
metode purposive sampling. Data primer yang diperoleh melalui kuesioner
terkumpul sebanyak 204 responden, yang selanjutnya dianalisis dengan
menggunakan structural equation modeling. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa SAIBA dapat dikategorikan sebagai sistem informasi yang sukses untuk
tiap-tiap dimensi kesuksesan dalam Updated D&M IS Success Model. Responden
menilai kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan SAIBA cenderung
baik. Namun demikian, penggunaan SAIBA tidak berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan pengguna, berbeda dengan pengaruh kualitas sistem, kualitas
infomasi dan kualitas layanan terhadap penggunaan dan kepuasan pengguna serta
pengaruh kepuasan pengguna dan penggunaan sistem terhadap manfaat bersih dan
pengaruh timbal baliknya terbukti menunjukkan pengaruh yang signifikan.
ABSTRACTThe aim of this study is to determine the user's perception of Sistem
Akuntansi Instansi Basis Akrual (SAIBA) in the Ministry/Agency in the first year
of implementation of accrual-based government's financial statements . Updated
D & M IS Success Model is used to assess the success of SAIBA as a mandatory
system in Indonesian Government Accounting. Respondents are operator of
Institution Accounting System (Sistem Akuntansi Instansi/SAI) in
Ministry/Agency, which are selected using purposive sampling method. The
Primary data were obtained through questionnaires that were collected from 204
respondents, which were then analyzed using structural equation modeling. This
study found that SAIBA can be categorized as a successful information for each
dimension of success in the Updated D&M IS Success Model. Respondents
assessed the system quality, the information quality and service quality of SAIBA
tend to be good. However, respondents indicated the use of SAIBA has no
significant effect on user satisfaction, in contrast to the others constructs
relationships, the system quality, the information quality and service quality of
SAIBA with Net Benefit and Its reciprocal proved to be significant impact.