ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penerimaan teknologi Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Bantuan Operasional Sekolah (ALPEKA BOS). Kemudahan dalam penggunaan dipengaruhi oleh enam faktor, yaitu kepercayaan diri dalam menggunakan komputer, persepsi mengenai teknologi, kecemasan dalam menggunakan komputer, keterbukaan terhadap komputer, rasa senang, dan penggunaan objektif. Faktor utama dalam Technology Acceptance Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah kemudahan dalam menggunakan, persepsi manfaat dan minat untuk menggunakan aplikasi.
Survei dilakukan pada 260 Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Pandeglang, Banten, dengan teknik purposive sampling. Analisis dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang jadi penentu kemudahan menggunakan aplikasi adalah kepercayaan diri, persepsi mengenai teknologi, kecemasan, dan rasa senang. Persepsi kemudahan dalam menggunakan aplikasi merupakan faktor yang mempengaruhi persepsi manfaat dan juga minat menggunakan aplikasi.
ABSTRACTThis study aims to analyze the factors which could affect user?s acceptancte technology of Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Bantuan Operasional Sekolah (Application for Financial Accountability Reports School Operation Assistance). Perceived ease of use affected by six factors, they are computer self efficacy, perceptions of external control, computer anxiety, computer playfulness, perceived enjoyment, and objective usability. The main factor of the technology acceptance model are perceived ease of use, perceived usefulness and behavioral intention to use.
Survey conducted on 260 user in public elementary school in Pandeglang district, Banten, using purposive sampling method. Analysis was performed using Structural Equation Modeling. The result showed determinants factor perceived ease of use are computer self efficacy, perceived external control, computer anxiety, and perceived enjoyment. Perceived ease of use is a factor which affect perceived usefulness and behavioral intention to use.