ABSTRAKPenelitian ini membahas konstruksi sosial pengajar Ilmu Perpustakaan terhadap keilmuan
bidang Ilmu Perpustakaan dalam mempersiapkan profesionalisme mahasiswa S1 Ilmu
Perpustakaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan
metode fenomenologi.
Hasil penelitian ini, Pertama, berdasarkan proses dialektika Peter L. Berger, proses
konstruksi sosial pengajar ilmu perpustakaan di perguruan tinggi swasta bertumpu pada
pengalaman pengajar, nilai dan prinsip instansi yang menyelenggarakan program studi
ilmu perpustakaan. Kedua, adanya keseimbangan kuasa antara pengajar dengan
mahasiswa Ilmu Perpustakaan dalam proses pembelajaran. Ketiga, aktivitas yang
bersifat konsisten yaitu diadakannya kuliah tujuh menit pra rapat guna meningkatkan
profesionalisme civitas akademika. Keempat, proses konstruksi sosial yang terjadi
adalah kooperasi, bekerja sama dilandasi oleh minat, perhatian dan kesepakatan bersama
dalam organisasi perguruan tinggi swasta program studi Ilmu Perpustakaan.
Sebagai masukan dari penelitian ini, bagi perguruan tinggi secara umum diharapkan
adanya kesesuaian visi misi dan kurikulum dengan fakultas yang menaungi agar adanya
sinkronisasi antar keduanya. Perlunya kerjasama antar perguruan tinggi secara umum
yang memiliki program studi Ilmu Perpustakaan untuk meningkatkan minat terhadap
Ilmu Perpustakaan serta melestarikan dan mengembangkan keilmuan bidang Ilmu
Perpustakaan. Begitu juga dengan pemerintah, perlunya meningkatkan kebijakan guna
menjunjung tinggi dan mendukung prospek kerja bagi mahasiswa pasca lulusan bidang
ilmu perpustakaan dan informasi.
ABSTRACTThis research discusses the social construction of library science lecturers in the field of
Library Science in preparing professionalism for undergraduate student of Library
Science. This is a qualitative study with the phenomenological method.
The results of this study, Firstly, based on dialectical process of Peter L. Berger, the
process of social constuction of library science teaching in private universities rely on
teaching experience, values and principles of the agency which organizes courses of
library science. Secondly, the balance of power between lecturers and students of Library
Science in the learning process. Thirdly, the event that occurred and sustain, namely the
holding of pre-meeting lecturers seven minutes (pra-kultum) in order to increase the
professionalism of the academic community. Fourth, the process of social construction
that occurs is a working cooperation based on interest, concern and mutual agreement in
the organization of private university in program of Library Science.
Finding of this research, the college expect that cooperation the vision, mission and
curriculum standardised with the faculty, in order to create the synchronization between
both of them. The need of cooperation between universities which have Library Science
raising interest in Library Science and preserving and developing the scholarly field of
Library Science courses. The government also needs to improve policies in order to
uphold and support the employment prospects for post-graduate students of library and
information science.