ABSTRAKTren biaya operasional PT. X meningkat, sementara tren EBITDA-nya
menurun. Padahal, PT. X telah menerapkan strategi managed services untuk
operasional dan pemeliharaan aset dan jaringan telekomunikasinya dengan tujuan
optimalisasi biaya operasional. Strategi untuk penurunan biaya operasional adalah
dengan pemodelan strategi pemeliharaan. Pemodelan dilakukan dengan
penjadwalan pelaksanaan pemeliharaan rutin setiap BTS sesuai kategori
prioritasnya. Dengan pemodelan ini didapatkan strategi pemeliharaan berbiaya
rendah namun tetap memperhatikan kualitas aset dan layanan pada tingkat yang
dapat diterima karena corrective dan preventive maintenance tetap diberikan
untuk semua BTS. Dengan pengembangan skenario didapatkan bahwa dengan
penjadwalan pemeliharaan rutin dapat menurunkan biaya pemeliharaan rutin
secara signifikan.
ABSTRACTTrend of PT. X?s operating costs is increasing, while the EBITDA is
decreasing. In fact, PT. X has implemented managed services strategy for the
operational and maintenance of their asset and network which aims for operating
costs optimization. Strategy to reduce operating cost is by modeling the
maintenance strategy. The model was built by scheduling routine maintenance
implementation per BTS according to their priority category. Result of the model
is a low-cost maintenance strategy which still considering quality of the asset and
network at acceptable level because corrective and preventive maintenance still
given to every BTS. Using scenarios development, found that scheduling routine
maintenance implementation per BTS can reduce the routine maintenance cost
significantly