ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk,menganalisis kondisi rantai pasok seluruh
pelaku pada usaha garam rakyat dan untuk mengetahui kinerja rantai pasok garam
rakyat di Desa Kedung Mutih Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif,. Penelitian dilakukan di Desa Kedung Mutih, Kecamatan
Wedung dengan informan sebanyak 4 petani garam dan 2 pedagang pengumpul
tingkat desa, 2 orang dari pabrik mitra.Dan juga 3 orang ahli dalam bidang garam
turut membantu dalam memberikan pendapat. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa Desa Kedung Mutih memiliki saluran pemasaran level 2 dengan para
pelakunya adalah petani garam,pedagang pengumpul tingkat desa dan sebagai
konsumen akhir adalah pabrik atau perusahaan mitra. Hasil kinerja rantai pasok
menunjukan bahwa pengumpul tingkat desa merupakan aktor yang paling
berperan dalam rantai pasok
ABSTRACTThis study aims to analyze conditions throughout the supply chain actors in the
folk salt business and figure out the performance of the supply chain. This study
used qualitative methods ,. The study was conducted in the village of Kedung
mutih, Subdistrict Wedung. The informants of Kedung Mutih are 4 farmers of
salt, 2 village-level traders and 2 from partner factory. A total of three experts in
the field of salt helped to give an opinion . The results of this study indicate that
Kedung mutih has 2 level marketing channel with all the actors are farmers ,
village-level traders as the end consumer is a factory or a partner company . The
results show that the performance of the supply chain tells that village-level
traders is the most responsible actors in the supply chain