ABSTRAKTesis ini bertujuan untuk memahami cara yang dilakukan oleh buruh untuk
mewujudkan imaji serta hasrat dalam berperilaku konsumtif. Perilaku konsumtif
merupakan perilaku mengonsumsi simbol kebendaan atas dorongan hasrat untuk
mencapai imaji.
Penulis berargumen, buruh sebagai bagian dari masyarakat konsumen juga
memiliki imaji, hasrat dan fantasi dalam mengonsumsi. Konsumsi yang mereka
lakukan bukan lagi konsumsi atas dasar nilai guna barang atau pertimbangan
rasional lainnya, melainkan konsumsi simbolik. Hal tersebut disebabkan oleh
adanya dorongan dari media dan godaan dari komoditas industri fesyen yang
dihasilkan pada tempat mereka bekerja. Dorongan media dan godaan tersebut
mempengaruhi imaji buruh dalam menentukan barang konsumsi. Namun, dengan
adanya imaji, bukan berarti buruh dapat langsung berperilaku konsumtif,
melainkan perlu cara lain untuk mendapatkan akses dalam mewujudkan imaji.
Untuk menggali permasalahan tersebut secara lebih dalam, penulis
menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
buruh memiliki imaji untuk mengonsumsi simbol kebendaan yang dipicu oleh
media dan godaan produk fesyen tempat ia bekerja. Untuk mewujudkannya,
mereka menggunakan kombinasi industri dan serikat. Industri memberi akses
berupa produk fesyen dan serikat berfungsi untuk melakukan kontrol agar pihak
industri tetap memberikan akses kepada buruh. Tesis ini juga menyertakan diskusi
teoritik tentang perbedaan perspektif dalam memahami permasalahan
konsumerisme yang terjadi pada buruh
ABSTRACTThis thesis aims to understand how the labours consume products or
services to make their dreams and desires come true. In the age of consumerism,
everybody consumes symbols based on their desire to achieve their
imagination.The author argues that the labours as part of consumer society, also
have images, desires, and fantasies to consume. Consumption that they is not
based on the value of goods or other rational judgment, instead symbolic
consumption. It was caused by the encouragement of the media and the seduction
of commodities that was produced in the fashion industry where they work. Media
encouragement and the seduction from the production of goods affect the labour
imagination in determining consumer goods. However, by having the imagination,
it does not mean labours could immediately being consumptive, but they need
another way to get access in realizing their imagination.
To explore these issues deeply, the author used qualitative research
methods. The results showed that labours have imaginations and desires to
consume symbols of consumer goods triggered by the media, namely TV series
and social media, and the seduction of fashion products in where they worked. To
make their imaginations and desires come true, they combined industry and
unions. Industry gives access in the form of fashion products and labour unions
play a control role in the industry. Consequently, the industry still provides access
to the labours. This thesis also includes a theoretical discussion about different
perspectives in understanding the problems that occur in the labours
consumerism