ABSTRAKTujuan program intervensi ini adalah meningkatkan perilaku membuang
sampah yang benar pada murid SMPN 05 Tambun Selatan dalam rangka menjaga
kebersihan lingkungan sekolah. Social Norms Theory merupakan teori yang
digunakan oleh peneliti. Hasil baseline study menunjukkan variabel norma
injungtif yang paling signifikan mempengaruhi perilaku membuang sampah pada
murid SMPN 05 Tambun Selatan (B =0,024,p<0.05). Intervensi yang dilakukan
melalui workshop dengan menggunakan metode pendekatan appreciative inquiry.
Partisipan dalam intervensi ini adalah murid SMPN 05 Tambun Selatan, sejumlah
11 orang partisipan yang dilakukan selama 2 (dua) hari selama + perhari dilokasi
SMPN 05 Tambun Selatan. Pengukuran dampak intervensi dilakukan dengan uji
pre-test dan post-test dengan Uji Wilcoxon Signed-Rank Test merupakan salah
satu jenis tes non-parametrik, menunjukkan adanya perubahan perilaku (nilai
0.004, p<0.05), membuktikan bahwa program intervensi peningkatan perilaku
membuangsampah yang benar pada tempatnya melalu iappreciative inquiry
memberikan dampak yang signifikan terhadap meningkatnya perilaku membuang
sampah yang benar pada tempatnya diterima
ABSTRACTThe purpose of the intervention program is improving the good behavior of Public
Junior High School 05 South Tambun to littering the rubbish into the dustbin in
order to maintain the cleanliness of the school environment. The theory that is
used by the researcher is Social Norms Theory. The results of the baseline study
showed that The injunctive variable is the most significant norms which influence
the students behavior of Public Junior High School 05 South Tambun to littering
the rubbish (B = 0.024, p <0.05). The interventions were performed using
workshops by Appreciative Inquiry approach. The Participants role in this
intervention are the male and female students of Public Junior High School 05
South Tambun, however, there are 11 participants of Public Junior High School
05 South Tambun per day who were participate over two (2) days. For
measuring the impact of interventions conducted by pre and post-test using
Wilcoxon Signed-Rank Test , it is one type of test non-parametric that indicate the
changes of behavior (value 0.004, p <0.05), it proved that the intervention
program improved the behavior of littering rubbish into the dustbin through
Appreciative inquiry provides a significant impact on increasing behavioral to
littering rubbish.