UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis penyidikan ilmiah pelecehan dan kekerasan seksual terhadap anak : studi kasus mayat bocah dalam kardus = Analysis of scientific criminal investigation of abuse and sexual violence against children a case study of corpse in a box

Rovan R. Mahenu; Simanjuntak, Payaman Jan, supervisor; Ahwil Lutan, examiner; Ida Ayu Soentono, examiner (Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

Tesis ini membahas keunggulan dari penggunaan pendekatan Scientific Criminal Investigation khususnya penggunaan dan analisis DNA dalam proses pengungkapan tindakan kejahatan. Proses tersebut harus diawali dan didukung oleh tindakan pengamanan Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang baik sehingga bukti yang ada tidak terkontaminasi oleh hal lain yang akan merusak TKP. Tujuan dari tesis ini adalah membuktikan bahwa penggunaan dan pemrosesan DNA didukung dengan penanganan pengamanan TKP yang baik sehingga bukti yang ada tetap terjaga dari kontaminasi, dapat mempermudah proses Scientific Criminal Investigation dalam pengungkapan tindakan kejahatan.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan DNA sebagai bagian dari Scientific Criminal Investigation mempercepat proses pengungkapan dibandingkan dengan bila menggunakan pendekatan konvensional. Hasil yang juga diperoleh adalah menunjukkan bahwa pendekatan Scientific Criminal Investigation saat ini baru dapat digunakan untuk kejahatan yang memiliki TKP yang bersinggungan dengan pelaku dan korban yang meninggalkan jejak fisik. Kedepannya Scientific Criminal Investigation dapat diterapkan pada kejahatan virtual dimana pelaku meninggalkan jejak yang bersifat maya.

This thesis discusses the advantages of using the Scientific Criminal Investigation approach particularly the use of DNA analysis in the process of crime revealing. The process should be initiated and supported by securing the Crime Scene in a good way so that the existing evidence is not contaminated by other things that would ruin the scene. The purpose of this thesis is to prove that the use and processing of DNA supported with good handling of the crime scene so well that the existing evidence is maintained from contamination, can help and accelerate the process of Scientific Criminal Investigation in the process of unsolving the crime.
The results obtained showed show that the use of DNA as part of the Scientific Criminal Investigation speed up the process of disclosure compared to when using conventional approaches. The results were also obtained indicate that the Criminal Investigation Scientific approach currently can only be used for a crime scene that had contact with the perpetrators and victims leave physical traces. Going forward Scientific Criminal Investigation can be applied to virtual crimes in which the perpetrator left a trail illusory.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Rovan R Mahenu.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2016
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 120 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-23-69918217 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20433136
Cover