UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Penerapan theraplay pada anak usia pra-sekolah yang mengalami generalized anxiety disorder = The use of theraplay on a preschooler with generalized anxiety disorder

Anastasia Setyaning Anandiputri Satriyo; Mayke Sugianto Tedjasaputra, supervisor; Mita Aswanti Tjakrawiralaksana, supervisor; Erniza Miranda Madjid, examiner; Rini Hildayani, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

Tesis ini membahas tentang penerapan Theraplay pada anak usia prasekolah yang mengalami Generalized Anxiety Disorder (GAD). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif single-case design yang melibatkan anak dan orangtua. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intervensi Theraplay efektif dalam menangani GAD pada anak usia pra-sekolah. Efektivitas Theraplay dalam menangani GAD terlihat dari beberapa gejala GAD yang tidak lagi muncul setelah intervensi, seperti ketegangan otot dan kesulitan tidur. Selain itu, tingkat kecemasan juga menurun setelah intervensi sehingga anak tidak lagi mengalami kecemasan yang mengganggu fungsi adaptif di rumah, sekolah, dan lingkungan sosial. Setelah intervensi ia lebih mampu mengelola kecemasannya, menerima pengalaman baru secara lebih positif, dan memiliki fungsi adaptif yang lebih baik. Melalui intervensi Theraplay, terjadi peningkatan kualitas interaksi antara ibu dan anak sehingga attachment antara ibu dan anak menjadi lebih positif. Interaksi antara anak dan orangtua yang semakin positif mengubah internal working model (IWM) anak sehingga kepercayaan diri anak meningkat. Selain itu, perubahan IWM juga menjadikan cara pandang anak terhadap lingkungan dan dunia sekitarnya lebih positif. Hal ini berdampak pada penurunan skor internalizing scale dan peningkatan fungsi adaptif dalam kehidupan sehari-hari.

The purpose of this study is to examine the effectivity of Theraplay on preschool children with Generalized Anxiety Disorder (GAD). This study uses a qualitative single-case design which involves a child and his parent. Results show that Theraplay is an effective intervention for a preschooler with GAD. Several GAD symptoms were no longer present after the intervention, specifically muscle tension and sleeping problem. Furthermore, the level of anxiety also decreased to a point where the child no longer experienced excessive and uncontrollable anxiety which intervered with her adaptive functioning at home, school, and other social environments. After the intervention, she is more able to manage her anxiety, perceive new experiences more positively, and has improved adaptive functions. Through Theraplay, the quality of interaction between the mother and child evidently increased in that the attachment between them became more positive. The improved interaction between the parent and child shifted the internal working model (IWM) so that the child's self-esteem increased. Moreover, this shift in IWM also positively influenced the child`s perspective of looking at her environment. This in turn resulted in a decrease in internalizing scores and an increase in daily adaptive functioning.

 File Digital: 1

Shelf
 T46723-Anastasia Setyaning Anandiputri Satriyo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T46723
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 127 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T46723 15-22-99252828 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20433355
Cover