ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh faktor sosiodemografi
terhadap perilaku membawa tas belanja sendiri untuk mengurangi tas plastik
berdasarkan data hasil Survei Perilaku Peduli Lingkungan Hidup 2013. Hasil
regresi logit multinomial menunjukan terdapat pengaruh faktor sosiodemografi
terhadap perilaku membawa tas belanja sendiri untuk mengurangi tas plastik.
Faktor sosiodemografi yang paling berpengaruh terhadap perilaku sering
membawa tas belanja sendiri untuk mengurangi tas plastik berturut-turut adalah daerah tempat tinggal, keterpaparan informasi terkait lingkungan secara langsung, keterpaparan informasi terkait lingkungan melalui media, status kawin, jenis kelamin, status kerja, umur, pendapatan, pengetahuan tentang pengelolaan sampah, dan pendidikan.
ABSTRACTThis research aims to study the influence of sociodemographic factors on
the behavior of bringing reusable shopping bag to reduce plastic bag based on data from the 2013 Environmental Caring Attitude Survey employing multinomial logistic regression. The results of the analysis show that statistically socioeconomic and demographic factors have significant on the behavior of bringing reusable shopping bag. The strongest factor is the place of residence followed by exposure of information related to the environment directly, exposure of information related to the environment through the media, marital status, gender, employment status, age, income, knowledge of waste management, and education.