UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Efektivitas pendekatan appreciative inquiry (AI) dalam pembentukan perilaku menyikat gigi pada anak usia sekolah dasar (kajian pada murid 7-8 tahun Madrasah Ibtidaiyah di Kota Madiun) = Effectiveness of appreciative inquiry ai approach for tooth brushing habit formation in primary school age (studies in children age 7-8 years old Madrasah Ibtidaiyah at Madiun City) / Lisa Prihastari

Lisa Prihastari; Zaura Kiswarina Anggraeni, supervisor; Anton Rahardjo, supervisor; Peter Andreas, examiner; Iwany Amalliah, examiner; Taufan Bramantoro, examiner ([Publisher not identified] , 2016)

 Abstrak

ABSTRAK
Latarbelakang: Diperlukan program intervensi perubahan perilaku menyikat gigi
yang berefek jangka panjang. Tujuan: membandingkan efektivitas metode
appreciative inquiry (AI) dengan dental health education (DHE) konvensional
terhadap pembentukan otomatisasi habit menyikat gigi. Metode: intervensi
komunitas dilakukan dengan rancangan acak pada 164 anak usia 7-8 tahun di kota Madiun. Pengumpulan data dengan wawancara kuesioner dan pemeriksaan intra oral. Hasil: Proporsi anak yang mengalami otomatisasi pada kelompok AI lebih besar (63,8%) dibandingkan dengan kelompok DHE (22,1%) dan berbeda secara signifikan (P = 0.000; OR= 11.9, 95% CI = 4.794-29.497) Kesimpulan: metode appreciative inquiry lebih efektif dalam mengubah perilaku menyikat gigi dibandingkan DHE konvensional.

ABSTRACT
Background: Intervention program to achieve toothbrushing behavioural change with long-term effect still rarely implemented. Objective: to compare the effectiveness of appreciative inquiry (AI) againts conventional health education approach for forming automaticity toothbrushing habit. Methods: Randomized-Community Trial on 164 children age 7-8 years in Madiun City, data collection by interview and intraoral examination. Results: automaticity proportion was significantly higher in the AI group (63,8%) as compared to conventional group (22,1%) (P = 0.000; OR= 11.9, 95% CI = 4.794-29.497). Conclusion: appreciative inquiry was more effective than conventional health education approach for toothbrushing behavior change

 File Digital: 1

Shelf
 T-Lisa Prihastari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xx, 214 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-711989720 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20433613
Cover