ABSTRAKRamcha merupakan sebuah UMKM yang memproduksi dan menjual produk sprei dan bed cover. Strategi bisnis yang dilakukan oleh Ramcha adalah diferensiasi dengan menghasilkan produk yang berkualitas bagus. Namun, meskipun telah
berlangsung sejak 2012, perkembangan bisnis Ramcha belum maksimal. Setelah
dilakukan pemetaan kondisi bisnis, hasil analisis menunjukkan terjadi
permasalahan di saluran distribusi dan promosi. Tujuan dari penelitian ini akan
membantu Ramcha dalam mengembangkan saluran distribusi melalui website dan
media sosial, serta melakukan promosi menggunakan iklan media sosial.
ABSTRACTRamcha is a SME that produces and sells sprei and bed cover. Business strategy
undertaken by Ramcha is differentiation with produces high quality products.
Although it has been going on since 2012, the business development is not
maximized. After mapping of business conditions, the result shows there are
problems in distribution channels and promotion. The purpose of this thesis is to
help Ramcha develop distribution channels through website and social media, and
promotion uses social media ads.