ABSTRAKTesis ini membahas mengenai perancangan harga jual serta upaya peningkatan efisiensi tenaga kerja untuk meningkatkan laba Vanilla, suatu UMKM yang usahanya bergerak di bidang konveksi busana muslim. Pemetaan kondisi Vanilla memperlihatkan adanya banyak gap antara bobot pentingnya permasalahan dengan kinerja Vanilla saat ini. Tujuan dari business coaching ini adalah bagaimana merancang harga jual dan bagaimana meningkatkan efisiensi tenaga kerja agar laba Vanilla dapat meningkat.
Usulan yang diajukan terkait tujuan pertama adalah membuat alat bantu untuk merancang harga jual dan membuat alat bantu untuk mengevaluasi harga jual model lama yang telah memperhitungkan seluruh biaya serta membuat strategi untuk setiap kategori harga. Usulan yang diajukan terkait tujuan kedua adalah membuat model baru lebih sering yang sesuai minat pasar, melakukan perubahan pembagian kerja beberapa bagian, dan meningkatkan volume produksi dengan optimalisasi tenaga kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis data kualitatif dan total quality management.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah usulan yang diajukan terkait tujuan pertama sudah dilakukan 50% - 100%, tetapi terkait tujuan kedua baru dapat dilakukan sebagian.
ABSTRACTThis thesis discusses development of pricing strategy as well as efforts to improve labor efficiency in order to increase profits of Vanilla, an SME engaged in Muslim fashion convection. The mapping of Vanilla?s conditions indicated a big gap between the importance of the problems with the current performance of Vanilla. The objectives of this business coaching are to develop pricing strategy and to improve labor efficiency so that Vanilla?s profit can increase.
The recommendations for the first objective are to create tools for pricing strategy development and tools to evaluate the existing pricing model which has taken into account all costs as well as to develop strategy for each price category. The recommendations related to the second obje ctive are to design new models more frequently according to the market interest, to modify work allocation of several sections, and to increase production volume through labor optimization. Those objectives are analyzed using two methods: qualitative data analysis and total quality management.
The conclusion of this research is the reccomendations have been implemented 50% - 100% for the first objective while the recommendations for the second objective have only been partially implemented