ABSTRAKTesis ini bertujuan untuk menunjukkan kesesuaian bahan ajar New Opportunities
(NOP) yang digunakan di SMA Global Islamic School (GIS) dengan Kurikulum
bahasa Inggris SMA 2013. Selain data yang didapatkan dari analisis NOP and
Kurikulum bahasa Inggris SMA 2013, data kuesioner untuk pemelajar dan
wawancara dengan pengajar SMA GIS serta Direktur Akademik GIS dilakukan
dalam penelitian lapangan. Ancangan kualitatif digunakan untuk mengetahui
kesesuaian bahan ajar NOP dengan Kurikulum bahasa Inggris SMA 2013 dan
pendapat pengajar serta direktur tentang kesesuaian bahan ajar NOP dengan
Kurikulum bahasa Inggris SMA 2013. Ancangan kuantitatif digunakan untuk
mengetahui persepsi pemelajar tentang bahan ajar itu. Penelitian ini menemukan
bahwa, meskipun terdapat tingkat kesesuaian yang berbeda-beda yang dari tinggi
sampai rendah antara NOP dan Kurikulum SMA 2013 dari segi isi tematis, tujuan
pengajaran, isi linguistis, serta filosofi pedagogi dan filosofi pemerolehan bahasa
asing, bahan ajar ini layak digunakan di SMA GIS
ABSTRACTThis research aims at demonstrating the fit between New Opportunities (NOP) used
in Senior High School of Global Islamic School (SMA GIS) and the Senior High
School English Curriculum 2013 (SMA English Curriculum 2013). In addition to
data obtained from a close analysis of NOP and SMA English Curriculum 2013,
questionnaires for the students and interviews with SMA GIS teachers and GIS
Academic Director was conducted in the field research. Qualitative research
methods were used to know the fit between NOP and SMA English Curriculum
2013 and opinions of teachers and GIS Academic Director about fit between NOP
and SMA English Curriculum 2013. Quantitative research was used to know the
students’ perception about the book. This research found that although there was
different levels of fit, ranging from high to low, between NOP and the SMA English
Curriculum 2013 in terms of thematic content, goal, linguistic content, and the
pedagogical and foreign language philosophy, NOP is suitable to be used in SMA
GIS;