UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Relasi tipe verba dan tipe situasi dalam teks naratif Herr der diebe dan russendisko = Relation of type of verbs and type of situations in naration texts Herr der diebe and russendisko

Siti Hamada Riduan; A.M. Hermina Sutami, supervisor; Setiawati Darmojuwono, examiner; Afdol Tharik Wastono, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

Tesis ini membahas tipe verba dan tipe situasi dalam teks naratif berbahasa Jerman, yaitu ?Herr der Diebe? dan Russendisko. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan dengan menggunakan dua teori. Kedua teori itu adalah teori Brinton (1988) dan teori Comrie (1976). Tipe situasi dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan hasil pengelompokan tipe verba dan juga peranan fungsi sintaktis lain, seperti subjek, objek, dan keterangan. Hasil dari penelitian adalah yang pertama terdapat empat jenis tipe verba yang muncul, yaitu keadaan, pencapaian, aktivitas, dan penyelesaian; yang kedua terdapat enam jenis tipe situasi yang muncul, yaitu statis, dinamis, pungtual, duratif, telis dan atelis yang ketiga subjek, objek dan keterangan memiliki peranan dalam penentuan tipe situasi.

This thesis talks about type of verbs and type of situations in naration texts in German which are Herr der Diebe and Russendisko. In this research I analyze type of situations based on the classification of type of verbs and the roles of other categories, such as subject, object, and complementary. Also I use the theories by Brinton (1988) and Comrie (1976) to help classifying and analyzing the data. The result are four types of verbs which are state, achievement, activity, and accomplishment six types of situations which are state, dynamic, punctual, durative, telic, and atelic; and also the roles from subject, object, and complimentary.

 File Digital: 1

Shelf
 T46769-Siti Hamada Riduan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T46769
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 93 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T46769 15-22-47483007 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20434142
Cover