ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menentukan efek program
gaya hidup sehat (HLP) berdasarkan teori kognitif sosial (SCT) pada remaja
dengan kelebihan berat badan di Kota Makassar. Studi ini terdiri dari tiga tahap.
Tahap pertama bertujuan untuk mengembangkan HLP. Tahap selanjutnya
bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi instrument untuk mengukur
efek HLP. Tahap akhir dari studi ini bertujuan untuk menilai efek HLP terhadap
efikasi diri remaja untuk berperilaku sehat, efikasi diri orang tua, perilaku remaja
dan indeks anthropometri dengan menggunakan desain uji kluster acak terkontrol.
Sebanyak delapan (8) sekolah menengah pertama (SMP) diramndomisasi untuk
menentukan sekolah intervensi dan kontrol. Total 238 remaja dengan kelebihan
berat dan orang tuanya diikutsertakan dalam penelitian ini. Perubahan outcome
dianalisis dengan menggunakan uji ANCOVA dengan pendekatan intention to
treat. HLP adalah sebuah program yangh terdiri atas dua belas (12) sesi
pendidikan yang menerapkan beberapa strategi perubahan perilaku dari SCT
antara lain penguatan positif, monitoring diri, penentuan tujuan dan keterlibatan
orang tua yang disampaikan sekali seminggu oleh para fasilitator terlatih melalui
sesi kelompok. HLP berkontribusi dalam meningkatkan efikasi diri remaja untuk
mempraktikkan perilaku sehat, menurunkan kebiasaan cemilan, dan perubahan
pada BMI Z-score menurut umur dan lingkar pinggang.
ABSTRACTThe study aimed to develop and determine the effect of healthy lifestyle program
(HLP) based on Social Cognitive Theory (SCT) among overweight adolescents in
Makassar City. It consisted of three stages. Stage one was to develop HLP. Next
stage was to develop and validate the instruments for measuring the effect of
HLP. The last was to measure the effects of HLP on adolescents? self-efficacy on
healthy behaviors, parents? self-efficacy, adolescents? behaviors, and
anthropometry indices using cluster randomized controlled trial design. Eight
SMP were randomly assigned to intervention and control schools. A total of 238
overweight adolescents and their parents were involved. Changes in outcomes
were analyzed using ANCOVA on an intention to treat basis. HLP is twelve
sessions of education applied behavior change strategies from SCT including
positive reinforcement, self-monitoring, goal setting and parents? involvement
delivered by trained facilitators through weekly group sessions. HLP contributed
in increasing adolescents? self-efficacy for practicing healthy behavior, reducing
snacking habit, and changing BMI for age Z-score and waist circumference