UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Analisis perubahan cluster kabupaten/kota di Indonesia berdasarkan indikator kesejahteraan rakyat Badan Pusat Statistik menggunakan self-organizing maps = Analysis of cluster change of regency municipality in Indonesia based on welfare indicator Badan Pusat Statistik using self organizing maps

Millati Indah; (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

Salah satu misi pembangunan adalah mewujudkan kualitas hidup manusia Indonesia yang tinggi, maju, dan sejahtera, dengan salah satu agenda prioritasnya meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia. Untuk mengevaluasi terlaksananya misi dan agenda prioritas tersebut diperlukan indikator yang terukur. Hasil evaluasi tersebut dapat dijadikan pertimbangan dalam membuat kebijakan untuk memperbaiki tingkat kesejahteraan.
Salah satu pengukuran yang dapat digunakan adalah Indikator Kesejahteraan Rakyat (Inkesra) yang disusun Badan Pusat Statistik (BPS) yang diolah dari data Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS). Indikator ini mengukur kesejahteraan dengan menggunakan pendekatan kebutuhan dasar (basic needs).
Untuk mengukur perubahan tingkat kesejahteraan kabupaten/kota, perlu dilakukan analisis perpindahan cluster dari periode ke periode. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk melakukan clustering adalah Self-organizing Maps (SOM). Hasil clustering dengan SOM kemudian dapat dianalisis menggunakan Relative Density Self-Organizing Maps (ReDSOM).
Variabel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 22 variabel dengan jumlah record 497 kabupaten/kota. Data yang dibandingkan adalah data tahun 2011 dan 2014. Dari hasil penelitian ini terdapat enam cluster pada tahun 2011 dan tujuh cluster pada tahun 2014. Variabel yang berubah secara signifikan pada sebagian besar perpindahan cluster adalah Angka Partisipasi Sekolah.

One of the development goal is to improve Indonesian people’s quality of life including welfare. A measurable indicator is needed to evaluate the realisation of the goal. The evaluation results can be used to make beter policy to improve welfare.
In Indonesia we can use Welfare Indicator (Indikator Kesejahteraan Rakyat/Inkesra) to measure welfare. This indicator is based on basic needs. This indicator is processed from SUSENAS.
To measure welfare improvement, we need to analyze cluster change over periods. A method that can be used clustering is Self-organizing Maps (SOM). Based on clustering result of data from different period, we can analyze cluster change.
This research used 22 variables and 497 records. The result of this research is regencies/municipalities in 2011 can be divided into six clusters and seven clusters in 2014. Variable that changed significantly in most of migrated clusters is School Participation.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Millati Indah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2016
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : xiii, 58 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-Pdf 16-23-78493860 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20434297
Cover