UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Living liquid habitat : living machine filter air sebagai pendekatan ekologis pada interioritas = Living liquid habitat : water filter living machine as an ecological approach to interiority

Astidira Apti; Yandi Andri Yatmo, supervisor; Dalhar Susanto, supervisor; Tania Fitriana; Paramita Atmodiwirjo, examiner; Achmad Hery Fuad, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

Untuk berpartisipasi dalam memperluas pengetahuan pada pendekatan ekologis di area pengetahuan interior, penelitian berbasis desain dapat menjadi media yang memadai untuk mempelajari pendekatan ekologis secara spasial. Dalam mempertanyakan seberapa jauh kita bisa menantang interioritas, dalam penelitian ini, ekologi dianggap sebagai studi tentang sistem dalam lingkup ruang dan lingkungan.
Penelitian ini dimulai dengan mempelajari sistem filter air pada ekologi buatan kolam koi di mana fokus utamanya adalah pergerakan air dan interaksinya dengan material yang digunakan untuk penyaringan. Sistem ini sendiri dapat dilihat sebagai sebuah mesin, tapi kualitas dalam sistem dimana keterkaitan antara unsur-unsur organik, unsur-unsur anorganik dapat dilihat sebagai pendekatan ekologis pada mesin, di mana sistem dapat dianggap sebagai Living Machine. Menerapkan prinsip-prinsip penyaringan air dan memanfaatkan kualitasnya untuk menghasilkan program pendidikan melalui antarmuka digital digabungkan untuk mempengaruhi manusia melalui interioritas nya.
Tapak yang terintegrasi untuk diinjeksikan sistem adalah kolektif tujuh gudang kayu dikelilingi oleh air mati. Mesin itu sendiri mengintervensi konteks yang berumur yang 400 tahun untuk menghidupkan air mati melalui operasinya yang bergerak di dalam, diantara, dan di luar setiap unit gudang kayu yang lain dan air yang mengelilinginya. Pendekatan ekologis Living Machine filter air di dalam konteks kayu dan air mati menceritakan pesannya mengenai keberadaan air yang berada disekitar kita dan didalam diri kita dan menciptakan konteks yang hidup.

To participate in widening the area of knowlege in interior through an ecological approach, a design based research can be an adequate media to study the approach in a spatial manner. In questioning how far we can challenge interiority, in this research, ecology is perceived as a study of systems in a spatial and enviromental scope.
The research begins with studying water filters system in the artificial ecology of a koi pond where the main focus is water movement and its interraction with materials used for filtering. The system it self can be seen as a machine, but its qualities in the interrelated system between the organic elements, the inorganic elements can be seen as an ecological approach to a machine, in which the system can be perceived as a Living Machine. Applying the principals of filtering water and utilizing its qualities to generate educational programming through digital interface are combined to preoccupy human through its interiority.
The integrated site chosen to inject the system is a collective of seven wooden storage surrounded by dead water. The machine itself intervene the 300 years old existing context to bring the dead water to life through the operation of water moving inside, inbetween, and outside of each wooden storage unit to another and the water that surrounds it. An ecologycal approach of water filter living machine inside a context of wood and dead water narrates its message of waters existence that surrounds us and is within us creates a living pulse of the context.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Astidira Apti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 49 pages : illustration ; 30 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-Pdf 16-18-155363638 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20434358
Cover