UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Ironi pada cerpen unsu joheun nal karya Hyeon Jin Geon = Irony in short story unsu joheun nal by Hyeon Jin Geon / Nathania Devina

Nathania Devina; Eva Latifah, supervisor ([, ], 2016)

 Abstrak

ABSTRAK
Jurnal ini membahas tentang ironi yang terdapat dalam cerpen bergaya realis Unsu Joheun Nal karya Hyeon Jin Geon yang dibuat pada era 1920-an. Cerpen ini menceritakan tentang Bapak Kim, seorang penarik bendi yang tinggal di Seoul dan memiliki seorang istri yang sedang sakit di rumah. Pada suatu hari ia merasa bahwa hari itu adalah hari keberuntungannya karena ia mendapat banyak uang dari hasil kerjanya. Ironisnya ia menemukan istrinya meninggal dunia ketika ia tiba di rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ironi-ironi yang terdapat di dalam cerpen Unsu Joheun Nal. Dalam melakukan penelitian, penulis menggunakan metode close-reading untuk menganalisis ironi yang terdapat cerpen tersebut. Penelitian dimulai dengan membaca teliti teks cerpen Unsu Joheun Nal dan mengaitkannya dengan sumber-sumber lain yang terkait. Dengan begitu, penulis dapat memahami dan menganalisis ironi apa saja yang terdapat di dalam cerpen tersebut. Melalui langkah tersebut, penulis merumuskan kesimpulan bahwa cerpen Unsu Joheun Nal mengandung beberapa ironi situasional. Ironi situasional tersebut tergambar dalam inti cerita cerpen dan beberapa situasi pada bagian-bagian kecil cerpen.

ABSTRACT
This journal discussed about the irony portrayed in Unsu Joheun Nal, a realist short story written in 1920s era by Hyeon Jin Geon. This short story tells about Mr. Kim, a rickshaw-man living in Seoul and a husband of a sick wife. One day, he knew that it was his lucky day because all of sudden, he got quite a big amount of money from his work. Ironically, he found his wife has been dead when he reached home. The purpose of this study was to determine the irony portrayed in the short story Unsu Joheun Nal. In conducting the research, the writer used close-reading method to analyse the irony potrayed in the short story. The research began with reading the short story text and other sources related. The writer then understood and analysed the irony in the short story. Through these steps, the writer compose a conclusion that the short story Unsu Joheun Nal portrayed some situational irony. Those situational ironies portrayed in the main story and some situations in the small parts of the short story.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Nathania Devina.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [, ], 2016
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : 21 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20434570
Cover