UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Praktek kerja profesi di Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita periode Januari-Maret 2016 = Internship at Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita period January-March 2016

Grace Elsa Yosephine; Melisa Resmiati, supervisor; Nadia Farhanah Syafhan, supervisor (Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA) dilakukan di Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan K ita. Praktek kerja dilaksanakan selama tujuh minggu dari tanggal 18 Januari-4 Maret 2016. Tujuan dilaksanakannya kegiatan PKPA di rumah sakit adalah agar mahasiswa mampu memahami peranan, tugas, dan tanggung jawab apoteker dalam menjalankan pelayanan kefarmasian di rumah sakit, memiliki keterampilan untuk melakukan pelayanan kefarmasian, serta mengetahui masalah yang terjadi di rumah sakit terkait pelayanan kefarmasian yang belum berjalan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan yang berlaku. Kesimpulan yang diperoleh dari kegiatan PKPA di Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita adalah pengelolaan perbekalan farmasi di RSAB Harapan Kita secara umum sudah berjalan sesuai standar pada Peraturan Menteri Kesehatan nomor 58 tahun 2014. Pelayanan farmasi klinik yang telah dilaksanakan pada RSAB Harapan Kita belum sepenuhnya sesuai standar. Pelayanan farmasi klinik yang telah dilakukan meliputi pengkajian dan pelayanan resep serta Pelayanan Informasi Obat (PIO), penelusuran riwayat penggunaan obat, rekonsiliasi, monitoring efek samping obat, evaluasi penggunaan obat, dispensing sediaan steril, dan visite (ronde). Pelayanan farmasi klinik di RSAB Harapan Kita belum dapat berjalan dengan maksimal karena keterbatasan jumlah apoteker. Saran bagi RSAB Harapan Kita adalah kegiatan pelayanan farmasi klinik di RSAB Harapan K ita perlu ditingkatkan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan penambahan jumlah apoteker dan peningkatan optimalisasi kinerja apoteker serta tenaga teknis kefarmasian. Tugas khusus yang d ilakukan adalah evaluasi waktu pelayanan resep di depo rawat inap tanggal 16-19 Februari 2016.

The internship was conducted at Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita. The internship was conducted in seven weeks since 18 January-4 March 2016. The aims of the internship are to make the students able to understand the role, duties, and responsibilities of pharmacist in doing pharmacy service in hospital, to enhance student’s skills in doing pharmacy service, and to make student figures out the problems about pharmacy service that happened. The conclusions of the internship are management of pharmaceutical products is in accordance with laws. Clinical pharmacy service in RSAB Harapan Kita is not fully in accordance with laws. Clinical pharmacy services in RSAB Harapan Kita are screening recipe, PIO (Pelayanan Informasi Obat), tracking history of drug use, medical reconciliation, monitoring of drug’s adverse effect, evaluation of drug use, aseptic dispensing, and visite. Clinical pharmacy service at RSAB Harapan Kita is not fully in accordance with laws caused by the limited number of pharmacists. Suggestions for RSAB Harapan Kita are increasing the number of pharmacists and optimalizing pharmacists and assistant pharmacists’ performance. Special task undertaken by student evaluating the duration of recipe service in hospitalization depo on 16-19 February 2016.

 File Digital: 1

Shelf
 PR-Grace Elsa Yosephine.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : PR-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2016
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 72 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
PR-Pdf 16-18-311637969 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20434913
Cover