UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Manajemen kasus spesialis keperawatan jiwa pada klien isolasi sosial dengan pendekatan teori hildegard E. Peplau dan Virginia Henderson di ruang Utari rumah sakit dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor = Psychiatric mental health nursing case management to client with social isolation using Peplau's and Henderson's theory at Utari's ward Marzoeki Mahdi hospital

Fajriyati Nur Azizah; Achir Yani S. Hamid, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

ABSTRAK
Isolasi sosial adalah kondisi kesepian yang dirasakan oleh individu karena tidak mampu membuat kontak dengan orang lain. Isolasi sosial dapat berakibat lanjut pada masalah pemenuhan kebutuhan dasar, sehingga akan muncul halusinasi yang membahayakan diri sendiri dan orang lain. Tujuan penulisan karya ilmiah ini untuk menggambarkan manajemen asuhan keperawatan spesialis jiwa pada klien dengan isolasi sosial dengan pendekatan teori Peplau dan Henderson. Tindakan keperawatan yang diberikan pada 22 klien berupa tindakan keperawatan ners yaituSocial Skills Training dan Cognitive-Behavioral and Social Skills Training. Hasil didapatkan penurunan tanda gejala isolasi sosial yang meliputi aspek kognitif, afektif, fisiologis, perilaku dan sosial serta peningkatan kemampuan klien untuk bersosialisasi. Rekomendasi dari hasil proses asuhan keperawatan ini adalah menggunakan kombinasi tindakan keperawatan ners dan ners spesialis berupa Social Skills Training dan Cognitive-Behavioral and Social Skills Training pada klien dengan isolasi sosial.

ABSTRACT
Social isolation is a condition of loneliness felt by the individual of being unable to make contact with other people. Social isolation can contribute to further problems of meeting one?s basic needs, so it could potentially endangerclientswith hallucinations.The purpose of this scientific paper was to describe the nursing care management of psychiatric nursing specialist towards social isolation?s client using Peplau and Hendersontheory as anApproach. Nursing interventions of Social Skills Training and Cognitive-Behavioral and Social Skills Training were conducted to 22 selected clients. Results:there were reduction in symptoms of social isolation obviously showed on cognitive, affective, physiological, behavioral and social aspects as well as an increase in the client's ability to socialize. Recommendations of this nursing care process was to use a combination of nursing interventions of Social Skills Training and Cognitive-Behavioral and Social Skills Training on clients with social isolation.

 File Digital: 2

Shelf
 SP-Fajriyati Nur Azizah.pdf :: Unduh
 SP-Fajriyati Nur Azizah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : SP-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2016
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 110 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
SP-Pdf 16-17-078514158 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20435323
Cover