Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Membangung Trust terhadap pelanggann tukang Kiridit

([Publisher not identified] , [Date of publication not identified] )

 Abstrak

Profesi tukang kiridit keliling yang menjual berbagai peralatan rumah tangga, merupakan profesi khas orang
Tasikmalaya. Ciri khas usaha kiridit ini di antaranya; tidak menggunakan jaminan, tidak mengharuskan uang
muka, dan pembayaran angsuran sangat fleksibel bisa dilakukan secara harian, mingguan, dan bulanan. Dalam
bisnis seperti ini, trust merupakan faktor utama yang dijadikan pegangan tukang kiridit. Realitas demikian
menyebabkan tidak sedikit pelanggan kiridit yang mengkhianati dan lari dari kewajibannya menyelesaikan
pembayaran angsuran. Tujuan penelitian adalah untuk memahami dan menganalisis: latar belakang dan proses
menjadi tukang kiridit; persepsi tukang kiridit terhadap diri dan profesinya; proses komunikasi interpersonal
tukang kiridit dengan pelanggannya; dan konstruksi sosial tukang kiridit tentang faktor trust terhadap
pelanggannya. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian menggunakan paradigma konstruktivisme dan
metode penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian terdiri dari 13 orang tukang kiridit yang dipilih secara
purposif. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah interaksionisme simbolik dan teori konstruksi
sosial atas realitas, dan untuk mengumpulkan data digunakan wawancara mendalam, observasi partisipan
dan studi dokumentasi. Temuan penelitian di antaranya: proses menjadi tukang kiridit dikategorikan menjadi
tukang kiridit milu dulur dan milu batur. Pandangan tukang kiridit terhadap diri dan profesinya umumnya
sangat positif. Proses komunikasi interpersonal tukang kiridit dengan pelanggannya banyak diwarnai dengan
pengelolaan kesan baik secara verbal dan nonverbal. Konstruksi trust terhadap pelanggan banyak didasarkan
pada perilaku komunikasi nonverbal pelanggan dan kondisi ekonomi pelanggan.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 384 JKKOM 1:1 (2013)
Subjek :
Sumber Pengatalogan :
ISSN : 23032006
Majalah/Jurnal : Jurnal Kajian Komunikasi 1:1 Juni (2013) Hal. 109-118
Volume :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Perpustakaan Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan Universitas Indonesia, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
384 JKKOM 1:1 (2013) TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20437371
Cover